Ini Tips Bisnis Ala Mari Elka Pangestu

Dika Irawan
Selasa, 31 Juli 2018 | 19:47 WIB
Mari Elka Pangestu/Antara
Mari Elka Pangestu/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Periode 2011 – 2014 Mari Elka Pangestu mengatakan, aspek teknologi dan kreativitas merupakan nilai tambah bagi seluruh pelaku bisnis.

"Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, termasuk modal, maka bisnis kreatif akan berjalan dengan baik, karena Indonesia penuh dengan potensi untuk bisnis kreatif," katanya dalam acara Busniess Launch and Investor Days di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Menurut data dari Bloomberg, delapan dari 10 pebisnis cenderung akan bangkrut dalam 18 bulan pertama. Kenyataannya, membangun bisnis menjadi lebih mudah dibandingkan dengan mempertahankannya.

Untuk mencegahnya, research dan analyse merupakan langkah terpenting dalam fase tahun-tahun pertama menjalani bisnis. Para pegiat bisnis terutama yang baru berjalan, penting untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dengan menawarkan unique selling proposition atau keunikan dari produk dan jasa yang ditawarkan kepada pasar, dan terus update dengan tren terkini guna memberikan solusi terbaik bagi pelanggan.

Head of Content Marketing Moka Himan Desfakhrian mengatakan, bisnis yang inovatif dan bertahan adalah bisnis yang memberikan solusi bagi suatu permasalahan. Seperti di Moka, produk yang dibangun adalah produk yang memberikan end-to-end solutions bagi para pegiat bisnis.

"Dengan mengetahui apa yang menjadi masalah dan keinginan pasar, wirausaha dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik."

Menurutnya, research dan analyse yang penting untuk diketahui terbagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah inbound data di mana data-data yang masuk ke bisnis mulai dari data penjualan, customer behaviour, data stok bahan baku, serta pengawasan karyawan. Sedangkan yang kedua, yaitu outbound data, yaitu data di luar bisnis yang dapat mempengaruhi bisnis seperti data tren pasar saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper