Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi : Indonesia Kekurangan Bendungan

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia mengalami kekurangan bendungan pada saat ini.
Bendungan Rukoh di Aceh
Bendungan Rukoh di Aceh

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia mengalami kekurangan bendungan pada saat ini.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden ketika meresmikan Bendungan Tonju, di Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Senin (30/7/2018).

Ia membandingkan kondisi Indonesia dengan Amerika Serikat yang memiliki 6.100 bendungan, China yang memiliki 110.000 bendungan, dan Jepang yang memiliki 3.000 bendungan. Indonesia sendiri baru memiliki 231 bendungan atau waduk.

“Artinya, kita masih kekurangan banyak sekali waduk maupun bendungan. Dan di NTB saya kira akan diselesaikan lima waduk, lima,” ucap Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Menurut Presiden, Bendungan Tonju yang baru diresmikannya itu memiliki daya tampung 18 juta meter kubik yang memberikan irigasi air ke-2.250 hektar lahan sawah di Kecamatan Manggelewa.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan kunci pembangunan di NTB adalah keberadaan air. Oleh sebab itu, Presiden berharap dengan adanya Bendungan Tonju maka komoditas pertanian di Dompu akan bisa meningkat secara cepat.

Anggaran pembangunan bendungan itu senilai Rp124 miliar. Bendungan itu diharapkan dapat melayani kebutuhan air baku dengan kapasitas 50 liter per detik. Bendungan ini juga disebut dirancang untuk dapat mengurangi banjir di Kecamatan Kilo. “Kalau tidak ada air, misalnya, di Dompu ini, mau ditanam apa?,” kata Presiden.

Di NTB sendiri saat ini terdapat 9 bendungan yang telah beroperasi. Bendungan Tanju yang merupakan bendungan ke-10 dan baru saja selesai dibangun ini merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain Bendungan Tanju, pemerintah juga akan membangun empat bendungan lainnya di NTB, dua di antaranya masih dalam tahap konstruksi adalah Bendungan Bintang Bano dan Bendungan Mila.

Adapun dua bendungan lainnya, yakni Bendungan Beringin Sila dan Bendungan Meninting akan segera dibangun dan sedang dalam tahap lelang yang dimulai pada tahun ini.

Dengan demikian, kapasitas tampung bendungan di NTB saat ini akan semakin meningkat menjadi sekitar 354,57 juta meter kubik dengan dibangunnya lima bendungan baru termasuk Bendungan Tanju dibandingkan dengan kapasitas sebelumnya sebesar 213,45 juta meter kubik yang terdiri dari sembilan bendungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper