Samsung Electronics Latih Startup Digital Indonesia

Yusran Yunus
Senin, 30 Juli 2018 | 16:46 WIB
Tim startup Indonesia bersama sejumlah karyawan Samsung seusai mengikuti Global Startup Acceleration Program (GSAP) di Yogyakarta, akhir pekan lalu/ist
Tim startup Indonesia bersama sejumlah karyawan Samsung seusai mengikuti Global Startup Acceleration Program (GSAP) di Yogyakarta, akhir pekan lalu/ist
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 23 tim startup terpilih dari total 63 tim yang berasal dari beberapa kota di Tanah Air yakni Jakarta, Medan, Bandung, Surakarta, Semarang dan Yogyakarta, mengikuti program pembinaan Global Startup Acceleration Program (GSAP) yang diluncurkan Samsung Electronics Co. Ltd.

GSAP merupakan program pembinaan bagi para mahasiswa maupun usia pekerja yang sedang merintis usaha startup kurang dari dua tahun. Sesi pembinaan dilaksanakan di Yogyakarta 23-27 Juli 2018.

Di akhir pelatihan, tiga startup dengan ide pengembangan terbaik akan dipilih untuk mendapatkan pembinaan lanjutan secara online selama enam bulan dan berkesempatan mengikuti kompetisi berskala Asia Pasifik dan Oceania, bersaing dengan negara lain seperti India, Malaysia, Afrika Selatan.

Kepedulian Samsung akan pertumbuhan kualitas startup di Indonesia, sejalan dengan gerakan nasional 1.000 startup digital yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Juni 2016 untuk membuat Indonesia menjadi titik fokus ekonomi digital di Asia.

“Samsung hadir di Indonesia untuk menginpirasi masyarakat terutama generasi mudanya agar menjadi lebih produktif berkarya dan bisa melakukan lebih banyak hal dengan bantuan inovasi dan teknologi. Kami juga secara aktif ingin mendukung pemerintah dalam memajukan bangsa. Harapan selanjutnya tentu agar bisnis mereka dapat membuka lebih banyak lapangan kerja, memperkuat ekonomi negara dan mendukung misi pemerintah dalam menghasilkan 1.000 startup digital di tahun 2020,” kata President Samsung Electronics Indonesia, JaeHoon Kwon, dalam pernyataan pers resminya yang diterima Bisnis, Senin (30/7/2018).

Samsung mengirimkan 32 orang karyawan sebagai relawan yang memberikan pelatihan selama lima hari, sebagai bagian dari kegiatan Employee Volunteering Program (EVP). EVP adalah aksi sosial tahunan dari karyawan Samsung, di mana para peserta berkesempatan untuk mengikuti misi relawan selama seminggu ke negara lain untuk berbagi talenta mereka di berbagai tempat, dengan program yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area.

Tahun ini merupakan tahun ketiga aksi EVP kembali dilakukan di Indonesia setelah dua tahun sebelumnya kegiatan difokuskan dalam bidang pendidikan untuk memperbaiki sekolah dan membangun ruang kelas IT beserta perangkat pendukungnya.

“EVP lahir dari upaya perusahaan dalam memanfaatkan talenta tenaga kerjanya untuk kemajuan masyarakat. Kami mengapresiasi Indonesia yang telah melahirkan startup yang besar dan telah membuka kesempatan baru bagi banyak orang," ujar Corporate Social Contribution, Samsung Electronics Co. Ltd, Jihyun Yoon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper