Telkom Group Dukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 27 Juli 2018 | 15:28 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Telkom Group dukung program pemerintah  menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,  melalui salah satu anak perusahaannya di sekitar 150 kapal baik kapal dagang, kapal penumpang maupun kapal milik TNI-AL.

Endi Fitri Herlianto, Direktur Bisnis Patrakom menyampaikan peran perusahaan dalam menyediakan internet di kapal, peran itu saat ini diperluas lagi mengingat kesadaran perlunya digitalisasi di kapal, dimana internet tidak hanya dipakai untuk komunikasi dari kapal ke darat namun lebih dari itu, internet dapat dijalankan untuk berbagai aplikasi dan perangkat untuk mendukung Industri 4.0 dibidang maritim.

“Secara teknologi kami sudah dapat menyediakan Internet di kapal, dan ke depan masuk ke tahapan berikutnya aplikasi di atas kapal” demikian katanya dalam seminar Digital Ship Forum 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta, seperti dikutip dalam siaran persnya. 

Digitalisasi kapal menjadi sangat penting antara lain dalam rangka menekan biaya operasi dan pemeliharaan perangkat, perjalanan kapal dapat dimonitor demikian juga pemakaian bahan bakar dan aktivitas di kapal. Demikian juga dengan pertukaran informasi menjadi sangat mudah antara kapal ke darat dan sebaliknya.

Penggunaan teknologi satelit untuk melayani internet di kapal merupakan prasyarat utama karena sifat dari teknologi satelit yang dapat menjangkau semua daerah tanpa ada blank spot. 

Dia menjelaskan keuntungan adanya Internet di kapal yaitu:
Security dan safety, karena posisi kapal akan selalu dapat termonitor sehingga apabila terjadi gangguan, lokasi kapal akan segera dapat diketahui; seperti container monitor, dengan tambahan perangkat seperti CCTV maka kontainer barang yang berada di kapal dapat diawasi keberadaan dan kondisinya;

Crew welfare, ABK (anak buah kapal) dapat berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja ABK; Communication for passenger, dengan adanya wifi internet dikapal, penumpang dapat berkomunikasi dan tidak merasa bosan selama pelayaran.

Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah konsep yang sangat baik namun keberhasilannya memerlukan dukungan semua pihak, Telkom Group dengan berbagai kompetensi dan kapasitas yang dimiliki berkomitmen untuk menyediakan berbagai layanan demi mendukung konsep diatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper