Pengembang Perlu Manfaatkan Pameran Daring

Guna mendorong penjualan properti para pengembang mulai mengandalkan pameran properti daring.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 24 Juli 2018 17:06 WIB
pameran properti - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Guna mendorong penjualan properti para pengembang mulai mengandalkan pameran properti daring.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan saat ini perusahaannya meluncurkan program DealJuara mulai 23 Juli 2018 sampai 30 September 2018. Pasalnya, ada 13 pengembang dengan 18 proyek yang ditawarkan melalui pameran berbasis daring bernama DealJuara itu.

"Ini mirip Harbolnas [Hari Belanja Online Nasional] cuma itu kan barang konsumsi dengan nilai yang rendah. Sementara ini properti yang high ticket items, dan ini sesuai riset Rumah.com soal pemintaan properti dalam 6 bulan ke depan," tutur Marine di Manhattan Square, Selasa (24/7/2018).

Dia menjelaskan, program ini bertujuan memudahkan pembeli mendapat informasi dan melakukan pembelian rumah. Oleh sebab itu terdapat sejumlah insentif dalam program ini khususnya tentang kemudahan uang muka atau down payment (DP). Marine menyebut, selain bekerjasama dengan pengembang, program DealJuara juga bekerjasama dengan BNI Syariah. Dia berharap, jika proyek dilanjutkan, dia berharap akan lebih banyak pengembang dan perbankan yang bekerjasama.

"Learning program ini bisa berlanjut. Kalau lanjut kita mau melihat mana yang diinginkan oleh market. Calon pembeli concern soal DP. Jadi jika lanjut, kita riset dulu baru itu yang akan kita luncurkan," papar Marine.

Dari 18 proyek ini, Marine mangaku sebaran terbesar dalam DealJuara adalah proyek yang berlokasi di Selatan dari Jakarta, seperti Serpong, serta di Timur dari Jakarta seperti Bekasi, Cikarang, sampai Karawang.

Marine mengaku belum bisa membeberkan target nilai transaksi atas program ini. Dia berpendapat sebagai terobosan baru, dia masih melihat peluang program ini. Namun dia menjanjikan pengembang mendapatkan peluang 3 kali lebih besar untuk mendapatkan pembeli potensial.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menyatakan program ini sesuai dengan survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017. Pasalnya, survei menemukan bahwa alasan mengapa orang belum membeli rumah karena kesulitan uang muka.

"Tahun ini adalah tahun yang tepat untuk membeli rumah karena pasar properti mulai mengalami pemulihan. Program DealJuara ini salah satu cara kami memudahkan pencari rumah memanfaatkan momen," ungkap Ike.

Sebagai informasi, salah satu pengembang yang terlibat adalah PT Metropolitan Land Tbk (Metland). Menurut General Manager Corporate Communications & CRM Metland, Lily Nurlita, mengatakan program Deal Juara adalah inovasi merespon pergeseran pasar Indonesia ke medium daring. Selain bersama DealJuara, Metland juga memiliki program daring membeli rumah bernama "Yuk Punya Rumah" dengan kemudahan seperti subsidi DP 12,5%, dan diskon 30%, serta hadiah logam mulia.

"Kami menawarkan 4 proyek dalam pameran ini. Di Metland Menteng, Metland Transyogi, Metland Cileungsi, dan Kaliana Apartment. Uniknya hanya di DealJuara kami juga memberikan tambahan insentif promo berupa voucher belanja mencapai Rp5 juta," ujar Lily.

Selain Metland, sejumlah pengembang besar juga tergabung dalam program ini yaitu; Alam Sutera, Ciputra, WIKA, dan beberapa pengembang kecil lain. Beberapa proyek dalam pameran ini misalnya; Cikarang Pass Residences, Gardens at Candi Sawangan, Serpong Natura, Jayana Valley, CitraLand Cibubur, Wika Taman Sari Puri Bali, Bumi Sakinah, Bukit Pratama, Panjibuwono Residences, Rumah Keikira, dan Fajar Kencana Asry.

Tag : pameran properti
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top