Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepeda Cangkul: Cangkul...Cangkul yang Dalam...

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan Sepeda Cangkul untuk mempermudah petani mencangkul tanah.
Mahasiswa  Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menunjukkan kreasi mereaka, Sepeda Cangkul. Foto: Istimewa
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menunjukkan kreasi mereaka, Sepeda Cangkul. Foto: Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Mahasiswa  Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan Sepeda Cangkul untuk mempermudah petani mencangkul tanah.

Salah satu anggota kelompok Santi Purnamasari mengatakan ide membuat alat tersebut karena mlihat banyaknya keluhan di kalangan petani terkait cedera otot karena aktivitas mengcangkul.

“Ide awal produk inovasi ini muncul melihat penggunaan cangkul milik petani yang merupakan alat tradisional, kerap menyebabkan sakit otot terutama pada bagian pundak,” katanya di Malang, Jumat  (20/7/2018). 

Berdasarkan riset yang dilakukan  kelompok mahasiswa kepada para petani menemukan fakta bahwa cara membawa cangkul yang harus dipikul serta penggunaan cangkul yang mengharuskan petani membungkuk berkali-kali, memperbesar peluang cidera tersebut.

"Kami membuat Sepeda Cangkul yang bisa dibawa juga di tenteng. Ini untuk mengurangi resiko cedera otot," tuturnya.

Didisain sederhana, pengoperasian alat inovatif ini cukup mudah. Hanya dengan menancapkan mata pisau cangkul di tanah, lalu  pengguna dapat mengarahkan cangkulan ke kiri atau ke kanan sesuai dengan keinginnya.

Untuk memudahkan gerak sepeda cangkul, terdapat besi yang juga sekaligus berfungsi sebagai pedal.

“Jadi bedanya dengan cangkul biasa yang di gunakan petani, Sepeda Cangkul ini tidak perlu diangkat lagi setelah petani melakukan galiannya, cukup di geser saja lalu di gerakan ke kanan dan kiri,” katanya.

Dengan alat ini, produktivitas dalam bidang pertanian dan perkebunan dapat meningkat. 

Santi menguraikan Pembuatan Sepeda Cangkul ini memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak dipakai, utamanya di bagian setir yang dikreasikan sedemikian rupa menggunakan baja yang ukurannya lebih besar.

Sementara itu lempengan di bagian bawah yang telah disesuaikan bentuknya, berguna untuk menyingkirkan tanah ketika Sepeda Cangkul ini sedang beroperasi.

Sepeda Cangkul  karya Ricca Andhini Octaria, Hendy Arno Yulianto, R.Ay Shanty Permatasari, Asrorudin dan Mahmud Adam merupakan salah satu inovasi mahasiswa UMM ini merupakan hasil dari Mata Kuliah Pengembangan Produk.

Dalam mata kuliah ini, kreativitas dan keilmuan mahasiswa diuji. Mereka harus menghasilkan sebuah produk yang bertemakan kebutuhan difabel dan pertanian. Produk lain yang juga dihasilkan mahasiswa antara lain, Kacamata Sensor Tuna Netra (Kasentra), Mesin Cuci Gowes, dan Screentel Padi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper