Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RPX Ikuti Pola Perubahan Perilaku Konsumen

Pesatnya pertumbuhan perdagangan elektronik (e-commerce) dalam beberapa tahun terakhir dimanfaatkan oleh jasa pengriman barang RPX guna mengikuti perubahan perilaku pelanggan.
Ilustrasi/rpx.co.id
Ilustrasi/rpx.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Pesatnya pertumbuhan perdagangan elektronik (e-commerce) dalam beberapa tahun terakhir dimanfaatkan oleh jasa pengriman barang RPX guna mengikuti perubahan perilaku pelanggan.

General Manager e-Commerce RPX Albert David Palit mengatakan dalam bisnis, teknologi memiliki keterkaitan dengan efisiensi serta efektivitas terutama bagi industri logistik yang mengutamakan kemudahan dan efisiensi bagi pelanggan.

Oleh karena itu, RPX melakukan pendekatan yang berbeda melalui layanan RPX Paket Ambil Suka-suka (PAS) guna mengikuti pola perubahan perilaku konsumen e-commerce.

“Keadaannya sudah berbeda, penyedia jasa logistik tidak lagi memegang peranan penuh dalam pengiriman melainkan pelanggan yang memegang peranan tersebut," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (20/7/2018).

Merujuk pada Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), lanjut Albert, saat ini perusahaan logistik menganut human centric atau tidak lagi box centric di mana mayoritas yang dikirim bukan lagi paket tetapi produk. Sehingga, penyedia jasa logistik dituntut untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas pengiriman.

"PAS dari RPX merupakan pilihan tepat karena pelanggan dapat mengambil paket sesuai waktu dan lokasi yang diinginkan," tuturnya.

Layanan PAS merupakan layanan mandiri melalui lokasi pengambilan paket (self-service Package Pick up Point) yang dirancang khusus bagi pelanggan, memberikan kemudahan jasa pengantaran paket pertama di Indonesia yang dapat dilayani melalui Indomaret dan gerai rekanan.

"Hadirnya PAS dari RPX adalah bentuk dukungan perkembangan e-commerce yang saat ini membutuhkan banyak terobosan baru sesuai pertumbuhan pasar," terang Albert.

Berdasarkan catatan Bisnis, layanan PAS sudah diluncurkan RPX pada akhir tahun lalu. 

Pelanggan yang menggunakan layanan ini dapat melacak status pengiriman dengan melalui situs RPX dan aplikasi mobile RPX. Paket akan tersedia untuk diambil dalam waktu hingga lima hari, setelah menerima notifikasi dan personal identification number (PIN) dari pesan singkat atau surat elektronik (surel).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper