Layar Sentuh Gorilla Glass 6, Baru Pecah Setelah Dibanting 15 Kali

Corning, perusahaan yang menciptakan Gorilla Glass, bahan yang digunakan banyak ponsel pintar terkemuka saat ini, telah merilis Gorilla Glass 6, yang disebut sebagai produk yang paling tahan benturan saat ini.
Gombang Nan Cengka | 20 Juli 2018 20:17 WIB
Gorilla Glass 6 - Corning

Bisnis.com, JAKARTA -- Dibandingkan pendahulunya, ponsel pintar layar sentuh lebih rentan pecah. Padahal tidak jarang pemilik ponsel menjatuhkan gawainya secara tidak sengaja ke lantai, atau layar tersebut mendapat benturan lainnya. Bila sial, layar ponsel tersebut bisa retak atau bahkan retak.

Corning, perusahaan yang menciptakan Gorilla Glass, bahan yang digunakan banyak ponsel pintar terkemuka saat ini, telah merilis Gorilla Glass 6, yang disebut sebagai produk yang paling tahan benturan saat ini.

Produk ini resmi diperkenalkan di New York, Amerika Serikat, pada tanggal 18 Juli lalu. 

Dalam siaran persnya Corning mengutip studi dari Toluna, yang menyebutkan rata-rata pemilik ponsel menjatuhkan gawainya tujuh kali dalam setahun. Lebih dari 50 persen terjadi dari ketinggian 1 meter atau kurang. Untuk mengatasi masalah ini, para ilmuwan Corning mengembangkan komposisi bahan gelas baru yang  lebih tahan terhadap benturan.

Dalam uji coba yang dilakukan, secara rata-rata, bahan Gorilla Glass 6 ini bisa bertahan sampai 15 kali dijatuhkan dari jarak 1 meter, di atas permukaan yang kasar. Ini dua kali lebih baik daripada pendahulunya, Gorilla Glass 5.

Dengan ketahanan yang lebih baik terhadap benturan, produk seperti Gorilla Glass 6 akan sesuai untuk desain ponsel yang  tidak hanya semakin memaksimalkan ukuran layar, tetapi juga menggunakan bahan gelas di bagian belakang.

Selama ini desain bodi yang didominasi gelas tidak diadopsi secara luas, dibandingkan desain lain yang mengandalkan bahan logam atau plastik. Salah satu masalahnya adalah ketahanan bahan gelas yang memang lebih rendah dibandingkan para pesaingnya.

Desain ponsel dengan bodi yang didominasi gelas seperti ini seperti ini tidak hanya lebih unggul secara estetis, tetapi juga memungkinkan penerimaan radio yang lebih baik. Desain seperti ini juga menyokong fitur baru seperti pengisian baterai nirkabel. Corning Gorilla Glass 6 disebut akan dapat mendorong adopsi desain seperti ini lebih luas lagi.

Gorilla Glass 6 diperkirakan akan ditemukan pada berbagai model ponsel pintar dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Tag : gadget
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top