Garuda Gaet Lagi Penghargaan Kru Kabin Terbaik Dunia

Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia memenangkan the World's Best Cabin Staf Award secara berturut-turut untuk kelima kalinya.
Sri Mas Sari | 17 Juli 2018 21:01 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, LONDON -- Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia memenangkan the World's Best Cabin Staf Award secara berturut-turut untuk kelima kalinya.

Penghargaan diserahkan oleh CEO Skytrax Edward Plaisted kepada Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. (Persero) Pahala N. Mansury dalam World Airline Awards 2018 di London, Inggris, Selasa (17/7/2018).

Garuda Indonesia menyisihkan dua nominees lainnya di kategori itu, yakni ANA All Nippon Airways dan Singapore Airlines.

Dalam ajang yang lazim disebut 'the Oscar of the aviation industry' itu, Garuda juga dinobatkan menjadi satu dari 10 maskapai peraih peringkat bintang 5 (five star airline) berdasarkan rating yang dilakukan oleh Skytrax.

Sembilan maskapai lainnya adalah ANA All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cathay Pacific Airways, Etihad Airways, EVA Air, Hainan Airlines, Lufthansa, Qatar Airways, dan Singapore Airlines.

Pemenang penghargaan dan peringkat itu ditetapkan berdasarkan survei kepuasan yang dilakukan Skytrax terhadap pelanggan angkutan udara di seluruh dunia selama Agustus 2017 hingga Mei 2018. Sekitar 20,36 juta penumpang dari 100 negara berpartisipasi dalam survei. Sebanyak 335 maskapai muncul dalam hasil survei.

Plaisted menjamin hasil analisis sangat independen karena Skytrax menanggung seluruh biaya survei dan ajang penghargaan. Maskapai tidak mengeluarkan sepeser pun biaya survei atau registrasi. Maskapai juga bebas untuk hadir pada ajang pemberian awards.

"Ini mungkin keputusan komersial terburuk yang saya buat tentang apa yang saya keluarkan setiap tahun sejak itu [sejak Skytrax Awards diluncurkan 2001], tetapi dunia yang saya rasakan hari ini, menghormati komitmen yang kita buat di awal lebih penting dari apapun," katanya dalam sambutan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. (Persero) Pahala N. Mansury meluapkan kegembiraannya karena Garuda menjadi maskapai pertama di dunia yang meraih penghargaan kru kabin terbaik selama 5 tahun berturut-turut.

"Sesuatu yang membedakan Garuda Indonesia dan maskapai lainnya adalah keramah-tamahan Indonesianya yang diberikan oleh para cabin crew yang melayani para penumpang," katanya.

Sebagai salah satu dari 10 maskapai yang masuk kategori five stars, layanan Garuda juga membuktikan daya saingnya di antara maskapai dunia.

Menurut Pahala, posisi ini penting mengingat 50% pendapatan Garuda diperoleh dari penerbangan rute internasional.

"Jika ada penghargaan seperti ini, tentunya ini membantu Garuda untuk memperoleh tambahan pendapatan."

Tag : garuda indonesia, penghargaan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top