Avaya Tawarkan Customer Service Lewat Line

Line adalah salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sehingga kompatibel jika digunakan sebagai kanal customer service.
Dhiany Nadya Utami | 13 Juli 2018 13:15 WIB
Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Avaya menawarkan solusi layanan pelanggan berbasis aplikasi pesan pendek Line sebagai bentuk platform customer service digital. Selain itu, ada pula platform omni-channel sebagai saluran komunikasi internal perusahaan.

Sales Engineer Avaya Edwin Kartopranoro menuturkan dua layanan tersebut merupakan layanan unggulan Avaya yang dinilai sesuai dengan kebutuhan pasar mereka di Indonesia saat ini.

Untuk solusi layanan pelanggan berbasis aplikasi pesan pendek Line, Edwin mengatakan platform pesan pendek tersebut adalah salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sehingga kompatibel jika digunakan sebagai kanal customer service.

“Dia [Line] mencakup semua layanan yang dibutuhkan mulai dari pesan pendek, panggilan telpon dan video, hingga berbagi lokasi. Penggunaannya juga mudah,” katanya mempresentasikan simulasi penggunaan solusi dalam acara Avaya Solutions Experience di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Keuntungan menggunakan Line, kata Edwin, dari sisi konsumen lebih mudah user interface-nya sedangkan dari sisi agen customer service juga tak menyulitkan karena dapat digabungkan dengan layanan yang sebelumnya ada.

Adapun solusi untuk komunikasi internal yaitu platform omnichannel bernama Avaya Equinox menurut Edwin amat cocok untuk perusahaan karena lebih aman, baik dari sisi enskripsi, dan lokasi aplikasi.

Dia menjelaskan Avaya Equinox menawarkan kebebasan pada perusahaan untuk menyimpan aplikasi tersebut di private cloud sehingga perusahaan akan lebih mudah mengontrol data dan lalu lintas trafik yang terjadi.

“Ini yang tidak ditawarkan platform lain, kalau mereka kan mau tak mau harus menyimpan di [public] cloud,” tambahnya.

Avaya Equinox sendiri meliputi berbagai kebutuhan komunikasi dasar perusahaan seperti pesan singkat, layanan telpon, konferensi video, hingga menampilkan jadwal harian penggunanya. Satu akun Equinox dapat diaktifkan pada 10 perangkat sekaligus, sementara untuk jumlah penggunanya tak ada batasan.

Tag : transformasi digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top