Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham PGAS Jenuh Jual, Analis Sarankan Hal Ini

Analis teknikal menilai saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) mengalami jenuh jual sehingga ada potensi menutup gap yang tercipta pada level Rp1.900-1.950.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Analis teknikal menilai saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) mengalami jenuh jual sehingga ada potensi menutup gap yang tercipta pada level Rp1.900-1.950.

Research Manager Shinhan Sekuritas Indonesia Teuku Hendry Andrean mengatakan, dari sisi stochastic saham PGAS sudah mengalami oversold. Harga saham PGAS sudah bergerak di bawah lower bollinger band-nya.

“Momentum seperti ini saatnya investor melakukan akumulasi beli,” ujar Hendry saat dihubungi, Kamis (12/7/2018).

Menurut Hendry, kalaupun PGAS gagal menutup gap, harga saham emiten yang kini menjadi subholding bisnis gas PT Pertamina (Persero) tersebut kemungkinan akan mencapai Rp1.900.

Sementara itu, analis Kresna Sekuritas, Robertus Yanuar Hardy menjelaskan, akuisisi 51% saham PT Pertamina Gas (Pertagas) bisa meningkatkan kinerja PGN ke depan yang otomatis bisa mendongkrak harga saham.

Hal itu terjadi karena perseoran berpotensi menguasai lebih dari 96% jaringan pipa transmisi dan distribusi gas nasional yang secara signifikan bisa meningkatkan pendapatan.

Meski sejumlah investor mengkhawatirkan metode akuisisi Pertagas dengan kombinasi kas internal dan pendanaan dari luar karena dapat mengurangi cadangan kasnya, dia menilai fundamental PGN masih aman. “Tetapi lebih aman jika metodenya bukan dengan leverage buy out,” terangnya.

Dia menekankan, prospek PGN secara fundamental setelah konsolidasi dengan Pertagas sangat bagus. Tetapi investor tetap akan melihat terlebih dahulu besarnya bunga utang yang akan ditanggung PGN setelah proses akuisisi selesai.

Setelah proses akuisisi 51% saham Pertagas, total aset PGN berdasarkan laporan keuangan perseroan audit 2017 akan mencapai US$7,72 miliar, meningkat dari sebelumnya US$6,29 miliar.

Posisi tertinggi saham PGAS dalam rentang satu bulan terakhir berada di Rp 2.090 per lembar saham. Sementara terendah di Rp 1.525. Perlahan, saham PGAS mulai kembali pada tren penguatan ditandai dengan kenaikan hingga pagi ini yang menanjak ke level Rp 1.570.

Sebelumnya Moody's Investors Service mematok peringkat utang PGN menjadi Baa2 dengan outlook stabil pada Jumat (6/7). Rating itu juga berlaku bagi surat utang emiten tersebut. Penetapan rating ini dihitung usai PGN mengumumkan keputusan mengambil 51% saham Pertagas senilai Rp 16,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper