Startup Moladin Raih Pendanaan Sindikasi US$1,2 Juta

N. Nuriman Jayabuana
Kamis, 12 Juli 2018 | 08:07 WIB
Ilustrasi./olpreneur.com
Ilustrasi./olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan marketplace motor, Moladin, meraih pendanaan sindikasi senilai US$1,2 juta dari East Ventures, Berjaya Group, dan Ethos Partners.

Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis Moladin ke berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan yang didirikan November 2017 tersebut telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 40 diler motor dan beberapa perusahaan pembiayaan ternama di Indonesia.

Platform itu mengklaim telah mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 20%-30% setiap bulannya dengan total nilai transaksi lebih dari US$1 juta.

Co-Founder Moladin Jovin Hoon menyatakan platformnya menyediakan solusi untuk mempermudah alur pembelian sepeda motor. Menurutnya, pembelian motor secara konvensional masih memakan waktu yang sangat panjang dan cukup rumit.

Rata-rata calon konsumen masih perlu mengunjungi diler sebanyak 2-3 kali untuk mendapatkan motor yang diinginkan. Proses pembayaran sampai registrasi nomor plat pun perlu memakan waktu yang lebih lama.

"Kami melihat sendiri bagaimana kemudahan yang dirasakan konsumen saat membeli sepeda motor baru melalui platform Moladin telah mendorong tingkat pertumbuhan yang pesat,” ujarnya di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menuturkan Moladin memungkinkan calon konsumen tidak harus bepergian jauh dan menunggu lama untuk membeli sepeda motor. Perusahaan itu memperlancar proses pembelian unit sepeda motor dengan bekerja sama langsung dengan jaringan diler dan pemodal.

"Kami melihat bagaimana volume penjualan Moladin pada Mei 2018 telah meningkat tiga kali lipat sejak awal Januari 2018. Kami percaya bahwa model bisnis mereka dapat mendominasi pasar dengan semakin banyaknya orang yang merasa nyaman untuk membeli sepeda motor secara digital," tuturnya. 

Moladin pertama didirikan oleh Jovin Hoon dan Mario Tanamas sebagai perusahaan penyedia solusi pembelian motor secara daring. Moladin mengusung prinsip menghadirkan kemudahan bagi pembeli sepeda motor tanpa harus mendatangi diler.

Visi tersebut mendorong kedua pendiri membuat tagline “Ingat Motor, Ingat Moladin”. Moladin merupakan singkatan yang berasal dari kata Motor dan Aladdin, yang merujuk kepada pengalaman “ajaib” pembeli sepeda motor tanpa harus meninggalkan rumah.

Seluruh transaksi pembelian unit sepeda motor dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan sebuah smartphone.

Selain melayani pembelian motor, Moladin juga memiliki berbagai fitur lain di platform online mereka yang dapat memenuhi kebutuhan para pemotor. Di antaranya adalah direktori bengkel online untuk membantu bikers menemukan bengkel servis terdekat, sebuah forum untuk konsumen berdiskusi seputar sepeda motor, serta fitur Spare Part, Apparel, dan Perawatan (SAP) yang berisi ulasan seputar suku cadang dan apparel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper