Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA MINYAK, Presiden OPEC Melawan Imbauan Donald Trump

Presiden OPEC membela kelompok produsen minyak terhadap permintaan Presiden AS Donald Trump baru-baru ini untuk meningkatkan produksi minyak mentah.
Harga Minyak WTI/Reuters
Harga Minyak WTI/Reuters

Bisnis.com, CALGARY, Kanada - Presiden OPEC membela kelompok produsen minyak terhadap permintaan Presiden AS Donald Trump baru-baru ini untuk meningkatkan produksi minyak mentah.

"OPEC sendiri tidak dapat disalahkan untuk semua masalah yang terjadi di industri minyak, tetapi pada saat yang sama kami responsif dalam hal langkah-langkah yang kami ambil dalam pertemuan terakhir kami pada bulan Juni," kata Presiden Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) Suhail al -Mazrouei kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Calgary, Kanada, Senin (9/7) waktu setempat.

Trump telah menuduh OPEC dalam beberapa minggu terakhir menggerakkan harga bensin naik lebih tinggi dan meningkatkan tekanan pada sekutu AS yaitu Arab Saudi untuk meningkatkan pasokan guna mengimbangi ekspor yang lebih rendah dari Iran.

Washington telah memperingatkan bahwa akan memberlakukan sanksi terhadap perusahaan asing yang melakukan bisnis dengan Iran, dalam upaya untuk memangkas ekspor minyak mentah Iran dan kondensat menjadi nol dari sebelumnya lebih dari 2 juta barel per hari (bph).

Mazrouei mengatakan bahwa OPEC bersedia untuk mendengarkan pendapat dari negara-negara penghasil minyak utama, termasuk Amerika Serikat.

Pada Juni 2018, OPEC menyetujui peningkatan moderat dalam produksi minyak mulai Juli setelah pemimpin organisasi itu, Arab Saudi, membujuk Iran yang bersaing untuk bekerja sama, mengikuti seruan dari konsumen utama untuk mengekang kenaikan biaya bahan bakar.

Harga minyak global telah naik terus tahun ini, dibantu oleh meningkatnya permintaan, dan melampaui $ 80 per barel pada Mei untuk pertama kalinya dalam 3 tahun.

Mazrouei, yang juga menjabat sebagai Menteri Energi Uni Emirat Arab, mengatakan bahwa produsen minyak mentah anggota OPEC memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani gangguan pasokan global yang tak terduga. OPEC mencari keseimbangan antara penawaran dan permintaan, tidak menargetkan harga minyak mentah.

UEA memiliki tambahan kapasitas produksi minyak sekitar 400.000 hingga 600.000 bph.


Presiden OPEC berada di Kanada untuk menghadiri acara tahunan Stampede Calgary tahunan, sebagai ajang pertemuan jaringan industri minyak terbesar. Mazrouei dijadwalkan untuk berbicara pada hari Rabu untuk sebuah kelompok bisnis yang mempromosikan hubungan perdagangan yang lebih kuat antara Kanada dan UEA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper