Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I Incar Bandara Komodo, Tunggu Lampu Hijau Menhub

PT Angkasa Pura I (AP I) mengaku telah mengajukan proposal pengelolaan Bandara Komodo dan sedang menunggu respons dari Kementerian Perhubungan.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura I (AP I) mengaku telah mengajukan proposal pengelolaan Bandara Komodo dan sedang menunggu respons dari Kementerian Perhubungan.

"Kami sudah pernah mengajukan ke Kemenhub dan posisi saat ini menunggu tindak lanjut atas proposal tersebut," kata Israwadi, Corporate Secretary AP I, hari ini Senin (9/7/2018).

Sementara itu, Direktur Utama AP I Faik Fahmi menyebut terdapat bandara lain yang juga menjadi prioritas untuk dapat dikelola. Salah satu yang sudah menjalin nota kesepahaman adalah Bandara Samarinda Baru.

"Ada beberapa bandara yang akan dioperasikan, yakni Sentani, Luwuk, Labuan Bajo, dan Tarakan," kata Faik.

Pihaknya mengaku sudah memiliki kesiapan dari sisi finansial. Skema kerja sama pengembangan bandara tersebut akan bergantung pada keputusan pemerintah.

AP I yang merupakan badan usaha bandara udara (BUBU) dianggap sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman mengelola bandara-bandara besar di Indonesia. Adanya kerja sama ini diharapkan bandara bisa berkembang dengan pesat dari sisi keselamatan, keamanan, maupun kenyamanan penerbangan bagi penumpang.

Berdasarkan situs Kemenhub, pola kerjasama dengan BUBU akan mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan No. 136/2016 tentang Pengelolaan Aset Pada Badan Layanan Umum. 

Kegiatan usaha yang berpeluang dikerjasamakan, yakni optimalisasi Penggunaan lahan pada area komersial, penggunaan ruangan pada area terminal, pengelolaan parkir, pengelolaan kargo, serta pengelolaan sarana dan prasarana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper