Industri Kecil di Jawa Timur Tumbuh Positif, Begini Janji Kemenperin

Pemerintah menjanjikan membangun sentra bahan baku untuk memperkuat industri kecil menengah di Jawa Timur.
Anggara Pernando | 05 Juli 2018 17:27 WIB
Presiden RI Joko Widodo meluncurkan PPh Final bagi UMKM sebesar 0,5% di Jatim Expo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/6). - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menjanjikan membangun sentra bahan baku untuk memperkuat industri kecil menengah di Jawa Timur.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah  Kementerian Perindustrian (IKM Kemenperin) Gati Wibawaningsih menyampaikan Jawa Timur merupakan salah satu lokasi yang potensial dalam pertumbuhan produksi industri manufaktur khususnya sektor IKM.

"Produksi industri manufaktur mikro dan kecil di Jawa Timur pada triwulan I/2018 (y-on-y) lebih tinggi 9,17% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Gati, Kamis (5/7/2018).

Capain pertumbuhan ini jauh di atas rata-rata pertumbuhan kinerja manufaktur mikro dan kecil nasional. Kemenperin mencatat rata-rata pertumbuhan kinerja sektor IKM baru sekitar 5,2% pada triwulan I/2018 lalu.  

Gati menjelaskan sektor IKM yang tumbuh di Jawa Timur di atas 10% seperti industri furniture (12,18%), industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki (16,65%), industri pakaian jadi (20,41%),  industri barang galian bukan logam (23,73%), industri kertas dan barang dari kertas (27,95%), industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia (38,28%), serta industri pencetakan dan reproduksi media rekaman (45,60%).

“Ke depan, kami pun akan membuat sentra bahan baku untuk memfasilitasi pembelian bagi pelaku IKM sehingga produksi mereka akan berkelanjutan," katanya.

Tag : ikm
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top