Layanan Palembang Siaga 112 Menyediakan 6 Bahasa

Layanan ini merupakan pusat informasi yang digunakan untuk menerima dan mengirimkan permintaan pertolongan dalam keadaan darurat melalui jaringan telekomunikasi di Kota Palembang dan sekitarnya
Dhiany Nadya Utami | 05 Juli 2018 14:34 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Mensesneg Pratikno (dari kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Imam Nahrawi, Kepala Bekraf Triawan Munaf, dan Ketua Umum Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir meninjau kesiapan kompleks Gelora Bung Karno sebagai lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018, di Jakarta, Senin (25/6). JIBI/Bisnis - Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Jelang perhelatan Asian Games 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika meresmikan Layanan Panggilan Darurat 112 untuk kota Palembang.

Layanan bernama Palembang Siaga 112 ini merupakan inisiasi Kemenkominfo bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, INASGOC, Pemerintah Kota Palembang dan penyelenggara layanan telekomunikasi untuk menyukseskan perhelatan olahraga Asian Games XVIII yang berlangsung bulan depan.

“Layanan ini merupakan pusat informasi yang digunakan untuk menerima dan mengirimkan permintaan pertolongan dalam keadaan darurat melalui jaringan telekomunikasi di Kota Palembang dan sekitarnya,” jelas Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli saat peluncuran Layanan Palembang Siaga 112 di Palembang, Kamis (05/07/2018).

Hal khusus yang membedakan Layanan Palembang Siaga 112 dengan layanan 112 di daerah lain yaitu adalah layanan ini memberikan akses dalam 6 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Arab, Mandarin, Korea, dan Jepang.

Dia menyatakan fasilitas multibahasa ini disediakan untuk atlet, official, dan tamu lain dari 45 negara peserta Asian Games XVIII 2018 yang akan hadir di Kota Palembang selama perhelatan dari tanggal 18 Agustus s.d. 2 September 2018.

“Diharapkan, dengan hadirnya Layanan Palembang Siaga 112, dapat lebih mempermudah dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat serta para atlet dan official selama bertanding di Asian Games 2018 di Kota Palembang terutama dalam keterkaitannya dengan penanggulangan keadaan darurat,” jelasnya.

Kota Palembang menjadi kota ke-17 yang menyelenggarakan layanan panggilan darurat 112. Sebelumnya, layanan ini sudah diimplementasikan di 10 kota yang menjadi Pilot Project yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Batam, Surakarta, Denpasar, Balikpapan, Mataram, dan Makassar.

Pemkot Palembang selaku pelaksana Layanan Palembang Siaga 112 menyediakan dukungan tim teknis, supervisor, dan operator serta fasilitas pusat informasi yang siap melayani laporan masyarakat Palembang dan sekitarnya. Petugas layanan 112 menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kebakaran, tindak kriminal, kecelakaan, kebutuhan ambulans, dan penangganan kesehatan yang bersifat gawat darurat.

Sejumlah operator telekomunikasi turut mendukung Layanan Palembang Siaga 112 antara lain Telkom, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison Tri Indonesia, Smartfren, serta Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI).

Untuk menggunakan layanan Palembang Siaga 112, masyarakat dapat langsung mengontak nomor 112 dari sambungan telepon rumah atau seluler dari semua operator telekomunikasi tanpa biaya, karena layanan ini merupakan layanan bebas pulsa.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top