TCash Bisa Digunakan Pelanggan Semua Operator Seluler

N. Nuriman Jayabuana
Senin, 2 Juli 2018 | 12:02 WIB
Ilustrasi/dok.tcash
Ilustrasi/dok.tcash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dompet digital TCash kini beroperasi sebagai platform agnostik yang dapat dipergunakan seluruh pengguna operator telekomunikasi. Platform milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tersebut sebelumnya hanya bisa digunakan oleh pelanggan Telkomsel dengan sistem kendali tertutup (close loop).

CEO TCash Danu Wicaksana menyatakan platform pembayaran digital itu dapat mengakuisisi lebih banyak pengguna baru dengan beroperasi secara agnostik. Dengan strategi itu, TCash dapat menyaingi Go-Pay sebagai platform uang elektronik terbesar di dalam negeri.

"Secara teknis sudah berjalan, tapi memang belum diumumkan secara resmi. Dengan berjalan secara agnostik, TCash bisa menjadi pemain digital payment dengan customer base terbesar di Indonesia," ujarnya kepada Bisnis belum lama ini.

Meskipun sudah beroperasi sebagai platform agnostik, TCash masih tetap bernaung sebagai salah satu unit bisnis PT Telekomunikasi Selular. Platform tersebut belum berdiri sebagai entitas yang terpisah.

TCash menargetkan melipatgandakan angka pengguna platformnya menjadi sebanyak 40 juta pelanggan pada tahun ini. Aplikasi dompet digital itu saat ini dipergunakan oleh sebanyak 24 juta pengguna.

Dengan beroperasi secara agnostik, TCash memperkirakan setidaknya dapat menggaet 6—10 juta pengguna dari pengguna nomor non-Telkomsel.

TCash menyediakan tampilan antarmuka dan fitur yang sama bagi pengguna Telkomsel dan pengguna nomor operator lain. Pengguna cukup meregistrasikan nomor ponsel di dalam aplikasi untuk memperoleh kode one time password (OTP) pendaftaran.

Setelah berhasil melakukan registrasi, pengguna diarahkan bermigrasi menjadi pengguna layanan penuh dengan mengisi identitas diri dan mengunggah sejumlah data pribadi.

Peraturan Bank Indonesia No.20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik menyatakan limit saldo pengguna uang elektronik teregistrasi dapat mencapai Rp10 juta, sedangkan limit saldo pengguna uang elektronik tanpa registrasi senilai Rp2 juta.

TCash menyediakan layanan untuk beragam kebutuhan pembayaran seperti pembelian pulsa, produk voucer gim digital, tagihan, donasi, serta transfer/tarik dana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper