Pemerintah Segera Terapkan Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran

Pemerintah Segera Terapkan Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran
Jaffry Prabu Prakoso | 30 Juni 2018 23:35 WIB
Kapal Super Shuttle Roro 12 berlayar dalam peluncuran pelayaran perdana rute laut Roll-on Roll-off (Ro-Ro) Davao/General Santos-Bitung, Pelabuhan Kudos Davao, Filipina, Minggu (30/4). Perjalanan laut rute Bitung-Davao hanya membutuhkan 1-2 hari sehingga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia dan Filipina. ANTARA FOTO - Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan segera menerapkan Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran di Danau Toba selama satu bulan. Operasi tersebut dilakukan guna memperbaiki dan menyelesaikan masalah angkutan sungai dan danau dari segala aspek.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran sudah dikoordinasikan dengan TNI, Polri, dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan melalui surat yang dikirim menteri perhubungan.

“Menhub sudah membuat instruksi untuk semua lembaga baik di bawah Kemenhub maupun lembaga lain yang terkait hal tersebut untuk ikut mengawasi dan berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk menjamin keselamatan pelayaran, tidak hanya terpusat di Danau Toba saja tapi juga keselamatan pelayaran di tempat-tempat lain,” katanya, Sabtu (30/6/2018).

Budi menjelaskan hasil dari Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran ini dapat memperbaiki administrasi dan kelayakan kapal. Jangan sampai aspek penting keselamatan ini kalah dengan kondisi yang sudah ada dari lama.

“Dari mulai nahkodanya dan masyarakat sama semua harus bergerak menjadi lebih baik. Dinamikanya dibebankan ke semua pihak terkait,” tambahnya.

Operasi Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran di Danau Toba ini tidak hanya berhenti pada batas waktu satu bulan. Penertiban itu dapat dilanjutkan apabila dalam sebulan masih ada hal yang belum terselesaikan, juga bertujuan untuk aktualisasi dan implementasi kegiatan-kegiatan yang sudah diterapkan dalam kurun waktu satu bulan.

Tag : pelayaran
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top