Facebook Ubah Ketentuan Iklan Hingga Lebih Transparan

Facebook melakukan perubahan pada ketentuan iklan di platformnya untuk menjadikan iklan dan halaman lebih transparan.
Dhiany Nadya Utami | 30 Juni 2018 00:32 WIB
Facebook - Reuters/Regis Duvignau

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook melakukan perubahan pada ketentuan iklan di platformnya untuk menjadikan iklan dan halaman lebih transparan. 

Berdasarkan keterangan yang ditulis Director of Product Management Rob Leathern dan Product Marketing Director Emma Rodgers di laman resmi Facebook, para pengiklan kini wajib memberikan informasi lebih terperinci mengenai organisasi dan iklan yang sedang mereka jalankan.

Dengan demikian, pengiklan akan menjadi lebih akuntabel terhadap iklan mereka sekaligus mencegah segala bentuk penyalahgunaan di Facebook.

Dengan transparansi tersebut, para pengguna dapat melihat iklan yang sedang dijalankan oleh suatu halaman di Facebook, Instagram, Messenger, dan jaringan mitra Facebook lainnya meskipun pengguna tersebut tidak menjadi target dari iklan tersebut.

Caranya, pengguna cukup login ke Facebook, kunjungi Halaman apa saja dan pilih “Info dan Iklan”.  Kemudian, pengguna akan melihat tampilan visual dan teks iklan dari Halaman tersebut. Pengguna juga dapat menandai postingan iklan yang mencurigakan dengan mengklik ‘Laporkan iklan’.

Selain itu, pengguna dapat mempelajari lebih lanjut mengenai sebuah halaman tertentu, meski mereka tidak beriklan misalnya bisa dengan mudah melihat informasi kapan halaman itu dibuat dan juga perubahan pada nama halaman jika ada.

"Kami akan menambahkan lebih banyak informasi mengenai sebuah halaman dalam beberapa pekan ke depan," demikian penjelasan Rodgers.

Sementara itu menjelang pemilihan umum di Brasil pada Oktober mendatang, Facebook menambah sistem pelabelan dan pengarsipan untuk iklan politik di negara Amerika Selatan itu. Fitur ini serupa dengan yang sebelumnya Facebook luncurkan di Amerika Serikat pada Mei lalu.

Mengacu pada sistem tersebut, mulai bulan depan setiap pengiklan politik di Brasil harus mendaftarkan diri di Facebook sebelum menjalankan iklannya.

Masyarakat Brasil akan melihat label khusus pada iklan pemilu di negara mereka dan semua iklan tersebut akan ditambahkan ke dalam arsip Facebook.

Tag : facebook
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top