Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Rilis 3 Seri Obligasi Rp3 Triliun

Obligasi I Pelindo IV 2018 terdiri dari tiga seri, yakni Seri A dengan jumlah pokok Rp380 miliar bertenor 5 tahun bunga 8%, Seri B sebanyak Rp1,82 triliun dengan tenor 7 tahun dan bunga 9,15%, Seri C tenor 10 tahun Rp800 miliar dengan tingkat bunga 9,35%.
obligasi
obligasi

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menerbitkan tiga seri obligasi senilai Rp3 triliun dengan tenor lima hingga sepuluh tahun.

Berdasarkan prospektus perseroan yang terbit Jumat (29/6/2018), Obligasi I Pelindo IV 2018 terdiri dari tiga seri, yakni Seri A dengan jumlah pokok Rp380 miliar bertenor 5 tahun dan bunga 8%.

Selanjutnya, Pelindo IV juga merilis Seri B sebanyak Rp1,82 triliun dengan tenor 7 tahun dan bunga 9,15%. Untuk seri C atau tenor paling lama 10 tahun, Pelindo IV menerbitkan sebanyak Rp800 miliar dengan tingkat bunga 9,35%.

Dari dana yang terkumpul Pelindo IV akan menggunakan dana obligasi untuk melunasi utang ke dua bank BUMN dengan porsi 57% atau Rp1,7 triliun.

Sementara itu, sebanyak 35% dana hasil penerbitan obligasi atau Rp1,05 triliun digunakan untuk membiayai proyek Makassar New Port (MNP). Adapun sisanya sebanyak 8% atau Rp240 miliar digunakan untuk pembelian peralatan bongkar muat peti kemas di tiga pelabuhan.

Direktur Fasilitas & Peralatan Pelindo IV, Farid Padang sebelumnya mengatakan penambahan fasilitas akan dilakukan di Pelabuhan Bitung, Kendari New Port, dan serta Pelabuhan Pantoloan (Palu). Pelindo IV akan menambah alat bongkar muat container crane (CC) dan rubbert tyred gantry (RTG) muat di sejumlah pelabuhan. 

"Ini akan bisa semakin mendorong akselerasi. Di samping dana obligasi, kami juga telah menyiapkan investasi internal sebesar Rp3,4 Triliun. Kami concern dalam mempercepat konektivitas laut demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper