Erupsi Gunung Agung: Wings Air Semarang-Denpasar Batal Terbang

Satu penerbangan dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, dibatalkan karena terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Agung.
Newswire | 29 Juni 2018 09:07 WIB
Cahaya magma dalam kawah Gunung Agung terpantul pada abu vulkanis terlihat dari Desa Datah, Karangasem, Bali, Jumat (29/6/2018). - Reuters/Johannes P. Christo

Bisnis.com, SEMARANG - Erupsi Gunung Agung mulai berdampak pada penerbangan.

Satu penerbangan dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, dibatalkan karena terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Agung.

"Penerbangan Maskapai Wings Air IW 1802 dijadwalkan berangkat dari Semarang dengan tujuan Bandara Bali pukul 06.00 WIB dibatalkan," kata Communication and Legal Section Head Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Dian Permata Sari, di Semarang, Jumat (29/6/2018).

Ia menjelaskan bahwa pembatalan penerbangan Wings Air dengan penumpang berjumlah 69 orang tersebut dengan alasan keselamatan.

"Bagi penumpang yang penerbangannya dibatalkan, bisa 'reschedule' atau 'refund'," ujarnya.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, ditutup sementara pada Jumat (29/6) dari pukul 03.00 hingga 19.00 WITA karena ruang udara bandara tertutup abu vulkanik Gunung Agung pascaerupsi yang terjadi pada Rabu (27/6) sehingga berbahaya bagi penerbangan.

Keputusan penutupan bandara itu dikeluarkan setelah melalui rapat koordinasi dengan Otoritas Bandara Wilayah IV, Airnav Indonesia, BMKG, maskapai penerbangan dan "Ground Handling" pada Jumat (29/6) dini hari.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan kemudian mengeluarkan "notice to airman" (Notam) atau pemberitahuan kepada seluruh penerbangan di dunia terkait penutupan itu dengan nomor A-2551/18.

Sumber : Antara

Tag : gunung agung
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top