Trafik Data Jaringan Indosat Naik 45% selama Libur Lebaran

Selama masa libur Lebaran, trafik data naik 45% dibandingkan kondisi normal di jaringan Indosat.
Duwi Setiya Ariyanti | 29 Juni 2018 01:48 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Yayus Yuswoprihanto

Bisnis.com, JAKARTA--Selama masa libur Lebaran, trafik data naik 45% dibandingkan kondisi normal di jaringan Indosat.

Dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (28/6/2018), sejak sepekan sebelum dan setelah Lebaran, aktivitas berbasis data mencatatkan kenaikan.

Dari sisi trafik data, kenaikannya 45% dibandingkan hari biasa atau 71% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, kenaikan trafik data ditopang aplikasi perpesanan, media sosial dan mesin peramban. Dari aplikasi jenis ini, tercatat terdapat peningkatan penggunaan sebesar 85,3% dibandingkan kondisi normal.

Untuk SMS trafiknya naik 2% dibandingkan kondisi biasa yakni dengan 165 juta SMS. Sebaliknya, trafik layanan suara turun sebesar 9% dibandingkan dengan kondisi di hari biasa yakni 169 juta menit.

Bila dilihat dari sisi geografis, peningkatan trafik suara tertinggi terjadi di Pulau Madura yang mencatatkan kenaikan 21,5%. Untuk trafik data, Bengkulu menjadi provinsi dengan kenaikan tertinggi yakni 88,26%.

Sementara itu, Kota Cianjur, Jawa Barat menjadi kota paling aktif untuk penggunaan layanan suara dengan 109.000 erlang.

Lalu, Kota Magelang, Jawa Tengah tercatat menjadi kota dengan penggunaan layanan data tertinggi yakni sebesar 185.000 GigaByte.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic, mengatakan pihaknya telah menyiapkan kapasitas pelayanan yang lebih besar.

Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dan kapasitas data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari.

Menurutnya, sejumlah upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan aktivitas selama liburan.

"Berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh tim, kami bersyukur pelanggan dapat menggunakan layanan kami dengan lancar dan nyaman," katanya.

Tag : indosat, libur lebaran
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top