Pilkada Serentak, Ini Harapan Para Pengusaha

Kalangan pelaku usaha berharap kepala daerah terpilih melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif di daerah.
Agne Yasa | 27 Juni 2018 20:20 WIB
Warga menggunakan hak suaranya dalam Pilkada serentak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Cipondoh, Tangerang Kota, Banten, Rabu (27/6/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Kalangan pelaku usaha berharap kepala daerah terpilih melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif di daerah.

 Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani mengatakan para pengusaha berharap kepala daerah yang terpilih dapat melaksanakan amanah yang diterimanya dengan baik dan dapat menjaga iklim investasi yang kondusif serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerahnya.

 “Saran pengusaha [adalah] agar semua kebijakan dibuat untuk meningkatkan efisiensi, daya saing dan nilai tambah ekonomi,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (27/6/2018).

 Lebih lanjut, katanya, kebijakan yang kontra dengan prinsip tersebut harus dikritisi oleh masyarakat. Terlebih saat ini kondisi global memiliki banyak ketidakpastian. “Kita semua harus bersatu memperkuat ekonomi kita,” katanya.

 Hariyadi mengatakan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun ini dinilai berjalan baik, aman dan kondusif. Meskipun demikian, pelaku usaha menilai penyelenggaran Pilkada tidak memiliki dampak signifikan pada perekonomian secara nasional.

 Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan pihaknya optimistis kepala daerah terpilih memiliki dorongan untuk memajukan ekonomi di daerahnya.

 “[Sebelum Pilkada] banyak keputusan yang tertunda, tapi sekarang tentunya diharapkan investasi di daerah makin maju dan berkembang setelah kepala daerah terpilih,” katanya.

 Rosan menambahkan penyelenggaraan Pilkada serentak kali ini juga dinilai berlangsung dengan baik. Hal tersebut, ujarnya, dapat menumbuhkan harapan dan kepercayaan di kalangan pelaku usaha.

 Ke depan, Kadin berharap kepala daerah terpilih dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mendorong investasi dan meningkatkan ekonomi daerah yang nantinya dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

 “Mayoritas ekonomi di Jawa dan sekarang sudah ada kepala daerah terpilihnya meskipun baru versi quick count. Diharapkan menjadi stimulus [terhadap usaha dan perekonomian],” katanya.

 Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Anton J. Supit berharap Pilkada serentak dapat melahirkan  pimpinan-pimpinan daerah yang mempunyai integritas dan kapasitas yang pro rakyat.

 Lebih lanjut, Anton berharap kepala daerah bisa menyadari bahwa kesuksesan menjadi pemimpin daerah, parameternya adalah mengurangi atau menghapuskan kemiskinan dan cara paling efektif adalah beri lapangan kerja.

 “Untuk  itu investasi harus masuk dan syarat utamanya iklim investasi yang kondusif,” katanya. 

 

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top