7.141 Pemudik Bermotor Telah Kembali ke Jakarta

Sejak dimulainya arus balik Lebaran 2018, Kementerian Perhubungan mencatat 7.141 penumpang dan 3.097 unit sepeda motor yang menggunakan layanan mudik gratis sepeda motor lewat kapal laut telah tiba di Jakarta.
Hadijah Alaydrus | 23 Juni 2018 13:39 WIB
Petugas memasukkan sepeda motor milik peserta mudik gratis ke dalam kapal KM Dobonsolo tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (17/6). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak dimulainya arus balik Lebaran 2018, Kementerian Perhubungan mencatat 7.141 penumpang dan 3.097 unit sepeda motor yang menggunakan layanan mudik gratis sepeda motor lewat kapal laut telah tiba di Jakarta. 

Jumlah tersebut merupakan akumulasi selama periode 18-23 Juni 2018. 

Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sebanyak 2.936 pemudik dan 1.282 unit motor tiba pada Sabtu (23/6), dengan kapal terakhir yang mengangkut pemudik gratis sepeda motor pada tahun ini.

"Pada hari terakhir pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Tanjung Emas, Semarang ke Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (22/6), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan tujuh unit kapal untuk mengangkut pemudik arus balik," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo di Jakarta, Sabtu (23/6).

Ketujuh kapal tersebut terdiri dari 4 unit kapal perintis yaitu KN Sabuk Nusantara 86, 87, 99, dan 107 yang mengangkut 1.406 orang penumpang arus balik peserta mudik serta 2 unit kapal ternak yaitu KN. Camara Nusantara 05 dan 06 yang mengangkut 634 unit sepeda motor.

Satu unit kapal lainnya yakni KM Dobonsolo yang mengangkut 1.530 orang penumpang dan 648 unit sepeda Motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tujuan Jakarta.

"Tujuh unit kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas hari ini merupakan kapal-kapal terakhir untuk program arus balik mudik gratis dengan kapal yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut pada Lebaran 2018," terangnya.

Agus memberikan apresiasi kepada semua pihak baik para petugas di lapangan yang telah bekerja keras maupun masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun ini.

Menurutnya, kondisi ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Chandra Irawan menyatakan hingga hari terakhir program mudik gratis ini, tercatat ada 16.593 orang pemudik dan 7.264 unit motor yang ikut serta.

Dia juga menjelaskan pelaksanaan program mudik gratis ini sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Kemenhub, dan sebagaimana arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut akan terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

Kemenhub mengungkapkan akan menyiapkan kembali layanan ini dengan sejumlah perbaikan pelayanan dan terobosan inovatif agar masyarakat yang memanfaatkannya dapat terlayani dengan baik.

"Sesuai slogan Ditjen Perhubungan Laut, Pastinya! [Pelayaran Aman Selamat Tertib dan Nyaman]," tutup Chandra.

Tag : kemenhub, Mudik Lebaran 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top