Streaming Dominasi Trafik Data XL Selama Lebaran

PT XL Axiata Tbk. mengalami lonjakan trafik data sekitar 30% dibandingkan dengan hari normal dalam rentang 10 hari yakni 8 17 Juni 2018.
Dhiany Nadya Utami | 21 Juni 2018 12:15 WIB
Karyawan melakukan pengecekan pada salah satu mobile BTS yang berada di jalan tol Merak dalam rangka kerja sama XL Axiata dan Kementerian Perhubungan untuk menyediakan informasi mudik dalam format digital di Banten, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Aktivitas streaming mendominasi trafik layanan data PT XL Axiata Tbk. sepanjang libur Lebaran. Lalu lintas data di jaringan XL naik 30% dibandingkan rata-rata hari normal di sekitar Idulfitri.

PT XL Axiata Tbk. mengalami lonjakan trafik data sekitar 30% dibandingkan dengan hari normal dalam rentang 10 hari yakni 8 – 17 Juni 2018.

Kenaikan tersebut juga meningkat 95% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Adapun untuk trafik layanan 4G naik hingga 45%.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi oleh trafik data streaming video dan musik yang mencapai 47%, diikuti oleh web browsing (16%), instant messaging (13%) dan media sosial (12%).

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari tren kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama. 

"Masyarakat memanfaatkan layanan data untuk mendukung aktivitas mereka selama libur Lebaran, termasuk saat bersilaturahmi, perjalanan mudik, serta berbagi kabar melalu media sosial," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Selasa (19/6/2018).

XL mencatat kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115%, Kuningan 110%. Diikuti Sampang - Madura dan Balikpapan masing-masing 95%, Garut 90%, Banyuwangi 77% dan Sumenep - Madura 75%.

Sementara itu, perpindahan pelanggan tertinggi menuju wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang mencapai sekitar 25%. Kemudian pelanggan yang datang ke wilayah Jawa Barat sekitar 10%, ke wilayah bagian selatan Sumatra (Sumbagsel) dan Kalimantan masing-masing sekitar 8%.

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top