Trafik Data Indosat Naik 49,7% Sepanjang Lebaran

Sebaliknya, trafik layanan suara dan SMS Indosat cederung turun selama masa Lebaran 2018 jika dibandingkan dengan trafik reguler.
Dhiany Nadya Utami | 21 Juni 2018 12:09 WIB
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusat PT Indosat Tbk. - Indosat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. mencatatkan kenaikan trafik layanan data pada Hari Raya Idulfitri 2018 sebesar 4.867,58 terabyte/hari atau meningkat 73,03% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan data Indosat, penggunaan data tertinggi terjadi pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 terabyte/hari. Angka tersebut naik 49,70% dibandingkan trafik data pada hari biasanya.

Sebaliknya, trafik layanan suara dan SMS Indosat cederung turun selama masa Lebaran 2018 jika dibandingkan dengan trafik reguler pada hari normal. Tercatat, trafik layanan suara hanya 153,91 juta menit atau turun 17,37%, sedangkan trafik SMS hanya 137,18 Juta SMS atau turun 15,11%,

Keberhasilan pengiriman SMS antarpelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83% dan 95,32% untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman.

Group Head Network Operations Indosat Ooredoo Umar Hadi mengatakan Indosat Ooredoo melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut.

“Hal tersebut kami lakukan sebagai komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk menikmati perjalanan mudik, bersilaturahmi dengan saudara, dan menikmati masa libur Lebaran ini,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (20/6/2018).

Dia menambahkan, pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas ISOC yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, dan Iflix.

Melalui fasilitas tersebut Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan, melainkan juga kualitas dari tiap-tiap aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan.

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top