Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Promosi Supermarket Paling Diminati Konsumen Indonesia

Riset dari iPrice Indonesia mengungkapkan promosi Supermarket menjadi yang paling diminati selama periode Ramadan yang lalu.

Bisnis.com, JAKARTA -- Riset dari iPrice Indonesia mengungkapkan promosi Supermarket menjadi yang paling diminati selama periode Ramadan yang lalu.

Menggunakan data Google Trends, iPrice mengetahui minat konsumen melalui kata kunci yang diasosiasikan dengan kata “promo”, “diskon”, dan “voucher”.

Hasil data menunjukkan sebesar 39% kata kunci pencarian Google yang paling popular selama Ramadan adalah promo supermarket dan minimarket seperti “promo Giant”, “promo Alfamart”, dan “diskon Superindo”.

"Besarnya minat promo di toko untuk membeli bahan makanan ini merefleksikan tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari Raya Idul Fitri, seperti kegiatan amal berbagi sembako, zakat fitrah, hingga menyiapkan kue-kue untuk lebaran," jelas riset tersebut, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/6/2018).

Selain itu, sebesar 24% kata kunci popular merujuk pada promo-promo online marketplace seperti “Lazada promo”, “kode voucher Shopee”, “diskon Tokopedia”, dan “voucher Bukalapak”.

"Pencarian promo toko daring ini menunjukkan minat konsumen yang cukup tinggi untuk berbelanja di marketplace selama Ramadan."

Konsumen Indonesia juga memiliki minat yang tinggi dalam pencarian promo baju lebaran. Terhitung sebanyak 19% kata kunci mengasosiasikan dengan promo toko daring yang khusus menjual produk fashion, seperti “diskon Mataharimall” dan “voucher Zalora”.

Sisanya, konsumen Indonesia juga berminat para promo-promo ojek online dan promo tiket transportasi. Sebanyak 12% kata kunci merujuk pada “promo Grab”, “voucher Gojek”, “tiket promo” dan “diskon tiket pesawat”.

Rendahnya kata kunci promo tiket ini dapat dimaklumi mengingat orang Indonesia sudah jauh-jauh hari membeli tiket mudik Lebaran sebelum bulan Ramadan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Sementara itu, berbeda dengan masyarakat Indonesia yang sudah jauh-jauh hari berburu tiket mudik, masyarakat Malaysia baru memiliki minat tinggi pada promo tiket pesawat di saat bulan Ramadan berlangsung.

Data Google Trends di periode yang sama menunjukkan sebesar 59% kata kunci pencarian “promotion” paling populer selama Ramadan merujuk pada promo tiket pesawat Air Asia, Malindo Air, dan Malaysia Airlines.

Selain tiket pesawat, kata kunci pencarian paling populer lainnya sebesar 35% merujuk pada promosi supermarket seperti Aeon, Giant, dan Tesco. Sama seperti Indonesia, konsumen Malaysia juga senang membeli produk bahan makanan untuk menyambut hari Raya Idul Fitri.

Riset iPrice dibuat berdasarkan pengunjung website iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia 3 pekan sebelum Ramadan dan 3 pekan selama Ramadan.

Adapun riset terkait jenis promosi yang paling dicari konsumen Indonesia dan Malaysia dibuat menggunakan data search interest Google Trends selama periode 16 Mei – 12 Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper