Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik Lebaran, Kemenhub Lepas 407 Sepeda Motor Pemudik Dengan Kapal Laut Ke Jakarta

Sebanyak 1.006 orang pemudik dan 407 unit sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menggunakan kapal KM. Dobonsolo pada hari ini (18/6/2018).
Ilustrasi/ANTARA-Ardiansyah
Ilustrasi/ANTARA-Ardiansyah
Bisnis.com, SEMARANG -- Sebanyak 1.006 orang pemudik dan 407 unit sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menggunakan kapal KM. Dobonsolo pada Senin (18/6/2018).
 
Keberangkatan ini merupakan program mudik gratis yang pertama kalinya bagi sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang - Jakarta.
 
Keberangkatan pemudik menuju Jakarta tersebut dilepas oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid.
 
"Kapal KM Dobonsolo merupakan kapal perdana yang akan mengangkut pemudik sepeda motor secara cuma-cuma alias gratis tanpa dipungut biaya malahan berhadiah langsung di atas kapal," kata KSOP Tanjung Emas, Ahmad Wahid di dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
 
Lebih lanjut, Wahid menjelaskan bahwa kapal KM. Dobonsolo merupakan kapal "3 in 1" milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dengan GT 14.000 mampu mengangkut orang, kontainer, sepeda motor, mobil dan alat berat.
 
"KM Dobonsolo merupakan salah satu kapal dari total 16 unit kapal yang disiapkan Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor arus balik dari Semarang menuju Jakarta," kata Wahid.
 
Adapun jadwal keberangkatan kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik yaitu tanggal 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018.
 
"Untuk keberangkatan tanggal 20 dan 22 Juni 2018 tingkat keterisian kuota pendaftar mudik gratis arus balik sepeda motor dengan kapal laut telah mencapai di atas 95 persen," jelas Wahid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper