Arus Balik Lebaran, Kemenhub Lepas 407 Sepeda Motor Pemudik Dengan Kapal Laut Ke Jakarta

Sebanyak 1.006 orang pemudik dan 407 unit sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menggunakan kapal KM. Dobonsolo pada hari ini (18/6/2018).
Akhmad Mabrori | 18 Juni 2018 20:37 WIB
Ilustrasi - ANTARA/Ardiansyah
Bisnis.com, SEMARANG -- Sebanyak 1.006 orang pemudik dan 407 unit sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menggunakan kapal KM. Dobonsolo pada Senin (18/6/2018).
 
Keberangkatan ini merupakan program mudik gratis yang pertama kalinya bagi sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang - Jakarta.
 
Keberangkatan pemudik menuju Jakarta tersebut dilepas oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid.
 
"Kapal KM Dobonsolo merupakan kapal perdana yang akan mengangkut pemudik sepeda motor secara cuma-cuma alias gratis tanpa dipungut biaya malahan berhadiah langsung di atas kapal," kata KSOP Tanjung Emas, Ahmad Wahid di dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
 
Lebih lanjut, Wahid menjelaskan bahwa kapal KM. Dobonsolo merupakan kapal "3 in 1" milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dengan GT 14.000 mampu mengangkut orang, kontainer, sepeda motor, mobil dan alat berat.
 
"KM Dobonsolo merupakan salah satu kapal dari total 16 unit kapal yang disiapkan Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor arus balik dari Semarang menuju Jakarta," kata Wahid.
 
Adapun jadwal keberangkatan kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik yaitu tanggal 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018.
 
"Untuk keberangkatan tanggal 20 dan 22 Juni 2018 tingkat keterisian kuota pendaftar mudik gratis arus balik sepeda motor dengan kapal laut telah mencapai di atas 95 persen," jelas Wahid.
Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top