Google Perkenalkan VR180 Creator

Dhiany Nadya Utami
Senin, 18 Juni 2018 | 13:45 WIB
Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Menyusul semakin maraknya pengguna kamera VR180, Google memperkenalkan VR180 Creator sebagai tools atau alat untuk membantu pembuatan dan penyuntingan video VR.

Software Engineer Google AR/VR Erik Ackermann menyebut dengan adanya VR180 Creator, proses penyuntingan foto dan video tiga dimensi akan lebih mudah karena mengubah format video menjadi format standar.

“Desktop tools satu ini memungkinkan siapa saja mengedit rekaman VR180 dengan tools yang sudah mereka miliki sebelumnya seperti Adobe Premiere dan Final Cut Pro,” ujar Ackermann seperti yang Bisnis kutip dari laman resmi Google, Senin (18/6/2018).

Alat tersedia di platform Mac dan Linux ini menawarkan dua fitur untuk video VR. Pertama ada fitur "Convert for Publishing" yakni memungkinkan pembuat konten mengambil rekaman fisheye berformat raw dari kamera VR180 misalnya Lenovo Mirage Camera dan mengubahnya menjadi format standar.

Sementara fitur lainnya yakni "Prepare for Publishing" bertugas menyuntikkan ulang metadata VR180 setelah rekaman diedit sehingga konten tersebut dapat dilihat di YouTube atau Google Foto dalam format 2D maupun VR.

“Dengan kamera VR180 yang affordable dan proses penyuntingan yang makin sederhana lewat yang VR180 Creator, pembuat konten dapat memberikan pengalaman baru bagi khalayaknya, misalnya mengajak mereka tur keliling rumah atau ikut berpetualang bersama,” tambah Ackermann.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper