Garap Pasar Entertainment, Apple Jajaki Kesepakatan dengan Studio Animasi

Apple Inc. makin serius menggarap pasar entertainment. Baru-baru ini perusahaan asal Amerika Serikat tersebut dikabarkan tengah menjajaki kesepakatan untuk membeli hak satu film animasi.
Dhiany Nadya Utami | 18 Juni 2018 09:04 WIB
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Apple Inc. makin serius menggarap pasar entertainment. Baru-baru ini perusahaan asal Amerika Serikat tersebut dikabarkan tengah menjajaki kesepakatan untuk membeli hak satu film animasi.

Seperti dikutip Bisnis dari Bloomberg pada Senin (18/6/2018), seorang sumber yang namanya dirahasiakan menyatakan Apple sedang berunding dengan Cartoon Saloon, satu studio animasi asal Irlandia yang pernah menjadi nominasi Oscar.

Kendati proses produksi film tersebut belum mulai dan masih jauh dari target waktu rilisnya, Apple disebut-sebut berencana membeli hak distribusi untuk penayangan di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Pun, masih belum jelas bagaimana Apple akan mendistribusikan film tersebut, tetapi ada kemungkinan untuk merilisnya lewat layar lebar.

Perundingan tersebut masih belum mencapai kata sepakat dan masih amat mungkin untuk gagal, tetapi adanya upaya tersebut memperlihatkan ambisi Apple untuk turut bersaing dengan Netflix Inc., Google dan Amazon.com Inc. di pasar video online yang sedang naik daun.

Apple sendiri memiliki sejarah dalam dunia animasi. Pendiri Apple, Steve Jobs, tercatat pernah membeli divisi komputer Lucasfilm dari pencipta "Star Wars" George Lucas. Kemudian dia mengubah divisi tersebut menjadi perusahaan independen bernama Pixar. Jobs memimpin Pixar hingga pada 1995 mereka berhasil merilis film animasi “Toy Story” yang kini amat populer.

Sementara ini, meneruskan ambisinya Apple telah membuat beberapa penawaran untuk acara TV dan film dokumenter orisinal, salah satunya dokumenter tentang penyanyi Ed Sheeran. Namun, mengenai film Apple belum mengumumkan apa pun sejauh ini.

Apple Inc. sesungguhnya telah menjadi salah satu penjual terbesar dari acara dan film perusahaan lain melalui layanan iTunes miliknya. Layanan tersebut juga menguatkan hubungan Apple dengan bisnis hiburan, khususnya melalui koneksi eksekutif Eddy Cue.

Selain itu perusahaan yang terkenal dengan produk iPhone ini mulai menancapkan kukunya di dunia hiburan dengan mendanai acara baru, seperti "Carpool Karaoke," untuk layanan streaming Apple Music.

Tag : apple
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top