Produksi Industri AS Turun Tipis Sepanjang Mei 2018

Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve menyatakan produksi industri negara tersebut turun tipis pada Mei 2018, di tengah penurunan tajam output sektor manufaktur.
Annisa Sulistyo Rini | 17 Juni 2018 12:10 WIB
Bendera Amerika Serikat - Investingnews.com

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve menyatakan produksi industri negara tersebut turun tipis pada Mei 2018, di tengah penurunan tajam output sektor manufaktur.

Seperti dilansir dari Reuters, secara keseluruhan, total produksi industri AS turun 0,1%, setelah mengalami pertumbuhan 0,9% pada April 2018.

Survei ekonom yang dilakukan Reuters memproyeksikan produksi industri AS naik 0,2%. Adapun, penghitungan yang dilakukan Bank Sentral AS berdasarkan pada beberapa industri, yaitu pengolahan, pertambangan, kelistrikan, dan industri gas.

Penurunan yang terjadi pada Mei tersebut didorong oleh kelesuan sektor manufaktur yang turun 0,7%, atau penurunan terbesar sejak Januari 2014.

Beberapa subsektor yang mencatatkan penurunan paling tajam antara lain kendaraan bermotor dan komponennya yang sebesar 6,5% dan 2% pada industri logam utama serta industri pakaian jadi.

Produksi sektor pertambangan mengalami kenaikan sebesar 1,8% dan tingkat utilitas naik 1,1%. Dengan output secara keseluruhan yang turun sepanjang Mei 2018, utilisasi industri AS turun 0,2% menjadi 77,9%.

The Fed pun melihat tingkat penggunaan kapasitas tersebut sebagai salah satu sinyal untuk kemungkinan inflasi yang lebih tinggi.

Tag : industri
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top