Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TENSI PERANG DAGANG: Masuk dalam Dafar Tarif, China Serap Separuh Ekspor Kedelai AS

Pemerintah Amerika Serikat dan China sama-sama menyiapkan rencana pengenaan tarif impor di anatara dua negara tersebut hingga bernilai US$50 miliar.
Minyak Kedelai /soylution.co.id
Minyak Kedelai /soylution.co.id

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah Amerika Serikat dan China sama-sama menyiapkan rencana pengenaan tarif impor di anatara dua negara tersebut hingga bernilai US$50 miliar.

Pemerintah AS menyiapkan daftar berisi 800 produk China yang dikenai tarif tinggi mulai 6 Juli mendatang. Produk ini meliputi mesin dan peralatan manufaktur, barang elektronik hingga alat transportasi.

Sementara itu, pemerintah China merespons dengan akan memberlakukan tarif 25% terhadap 659 produk AS, mulai dari kedelai, makanan laut, hingga mobil senilai US$50 miliar.

Peneliti Ekonom Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menyoroti khususnya ancaman pengenaan tarif kedelai AS Oleh China.

“(Produksi) kedelai (AS) besar,” kata Bhima kepada Bisnis.com, Minggu (17/6/2018).

Dari catatan Indef, AS mengekspor sekitar US$14 miliar kedelai ke China, menurut Departemen Pertanian AS. China membeli kira-kira setengah dari ekspor kedelai AS tersebut.

Catatan Indef juga mengemukakan China banyak mengimpor daging babi dari AS. Adapun total ekspor daging babi AS ke China bernilai U$1,16 miliar.

Produk Pertanian

Ketika ditanyakan masuknya produk pertanian dalam aksi perang tarif China dan AS, Bhima mengemukakan dampaknya bisa cepat terlihat.

“Produk agri menyentuh masyarakat lapis bawah. (Bisa memicu) protes petani. {Agri juga merupakan) salah satu (sektor dengan) serapan tenaga kerja yang besar,” kata Bhima kepada Bisnis.com, Minggu (17/6/2018).

Sektor pertanian juga rentan terhadap gangguan. “Kendala karena bahan makanan, efeknya juga terasa dalam jangkan pendek,”kata Bhima.

Bola Liar Perang Dagang

“(Terkait rencana aksi balas tarif ntara AS dan China), ke depan akan (berpotensi menjadi) menjadi bola liar perang dagang,” kata Bhima.

Bhima mengemukakan sikap China, karena pemerintah AS memulai dulu “genderang perang perdagangan”di anatara keduanya. Apalagi AS akan mengenakan tarif impor produk asal China hingga senilai US$50 miliar.

“AS mulai duluan. Chima imbangi dengan hal sama,” kata Bhima.

China katanya, juga akan melakukan proteksi barang yang masuk dari AS. “Intinya ingin mencapai nilai tarif sama.”

Dia mengemukakan kompensasi tidak akan selesai saat ini.

“China (kemungkinan) akan lakukan banyak sekali. (Mungkin mulai dari) Harley Davidson, jeruk florida, hingga kacang kedelai,” kata Bhima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper