Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERANG DAGANG AS-CHINA: Saling Siapkan Daftar Tarif, Ekonom Soroti Posisi Neraca Perdagangan

Pemerintah China nampaknya tidak mau kalah dengan jga memiliki sederetan produk asal Amerika Serikat yang rencananya akan dikenakan tarif impor.
Minyak AS juga dibidik China untuk dikenakan tarif./.
Minyak AS juga dibidik China untuk dikenakan tarif./.

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah China nampaknya tidak mau kalah dengan jga memiliki sederetan produk asal Amerika Serikat yang rencananya akan dikenakan tarif impor.

Pengumuman Beijing datang kurang dari 12 jam, setelah AS merilis daftar yang berisi 800 jenis produk China senilai US$50 miliar yang siap dikenakan tarif impor.

Jenis produk asal AS yang dibidik China untuk dikenakan tarif cukup luas, dan totalnya pun berimbang dengan AS, yaitu untuk total impor asal AS senilai US$50 miliar.

Seperti dikuti Bloomberg, Minggu (17/6/2018), China pada putaran pertama membidik pengenaan tarif untuk produk pertanian AS serta otomotif senilai US$34 miliar mulai 6 Juli.

Sementara itu produk  senilai $ 16 miliar lainnya, di antaranya batu bara dan minyak yang akan dikenakan tarif. selanjutnya.

Genderang perang dagang AS dan China, menekan  harga sejumlah komoditas, antara lain kedelai ke tembaga, batu bara.

Sementara itu, di tengah situasi aksi saling balas tarif impor, Brasil justru melihat peluang untuk meningkatkan ekspornya sebagai pemasok alternatif.

Dalam genderang perang dagang, komoditas pertanian selalu termasuk dalam jenis porduk yang dibidik untuk dikenakan tarif.

Komoditas pertanian yang tersangkut dalam perang dagang, antara lain kedelai, jagung, gandum, beras, sorgum, daging sapi, babi, unggas, ikan, produk susu, kacang-kacangan dan sayuran.

“Mengingat surplus perdagangan China yang besar dengan AS, akan lebih sulit dan rumit bagi China di masa depan untuk membalas jika Washington memperluas tarif,” kata Li Qiang, kepala analis Shanghai JC Intelligence Co. Ltd. Seperti dikutip Bloomberg, Minggu (17/6/2018).

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump mengungkapkan akan mengenakan tarif yang lebih besar terhadap produk impor dari China yang senilai US$50 miliar.

Hal ini diungkapkan Trump pada Jumat, waktu setempat, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Trump telah membuat daftar lebih dari 800 produk impor strategis dari China, termasuk mobil, yang akan dikenakan tarif 25% mulai 6 Juli.

Neraca perdagangan AS dengan China (US$ juta)

Bulan                Ekspor       Impor        Neraca perdagangan
January 2018    9.835,3     45.788,0     -35.952,8
February 2018  9.806,1     39.067,6     -29.261,5
Maret  2018      12.382,1    38.256,7    -25.874,6
April 2018         10.268,0    38.230,0    -27.962,0

Sumber: census.gov (badan statistik di AS)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper