Pelindo I Siap-Siap Bangun Pelabuhan Internasional di Tanjung Balai Karimun

PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun akan membangun pelabuhan berkelas internasional di Tanjung Penagak, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau mulai tahun depan.
Newswire | 14 Juni 2018 00:42 WIB
Pemudik dan penumpang reguler kapal cepat tujuan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau bersiap memasuki kapal di dermaga Pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Sabtu (17/6). - Antara/Wahdi Septiawan

Bisnis.com, KARIMUN—PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun akan membangun pelabuhan berkelas internasional di Tanjung Penagak, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau mulai tahun depan.

"Kelasnya mungkin akan lebih bagus dari Harbour Bay Batam. Intinya, pelabuhan di Tanjung Penagak berkelas internasional, jauh lebih baik dari pelabuhan yang kami kelola saat ini," kata Manajer Bisnis PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun, Sindu L Pranoto di Tanjung Balai Karimun, Rabu (13/6/2018).

Sindu mengatakan, pihaknya sudah mengajukan surat ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun terkait rencana pembangunan di Tanjung Penagak, Coastal Area, Karimun.

Pembangunan pelabuhan tersebut ditargetkan mulai terealisasi pada akhir 2019. Saat ini pengurusan izin dan dokumennya masih berjalan.

"Kalau progresnya lancar, mudah-mudahan 2019 akhir sudah selesai. Dokumen yang kami urus juga cukup banyak," ujarnya.

Pembangunan pelabuhan di Tanjung Penagak merupakan kerja sama dengan PT Jaya Annurya Karimun, anak perusahaan Panbil Group.

Panbil Group yang menginvestasikan Rp1,3 triliun akan menggarap sisi darat dengan membangun sebuah pusat perbelajaan modern, dilengkapi dengan hotel, fasilitas wisata berupa resor, termasuk fasilitas sandar untuk kapal pesiar, dan sarana prasarana lainnya. Adapun terminal pelabuhan dikerjakan oleh Pelindo.

Pelabuhan yang akan dibangun di Tanjung Penagak akan menggantikan pelabuhan domestik dan internasional di Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun yang sempit dan sudah tidak layak.

"Tidak hanya pelabuhan internasional, pelabuhan domestik juga akan kami pindahkan ke Tanjung Penagak," kata dia.

Pembangunan pelabuhan di Tanjung Penagak dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU dengan Pemerintah Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, sehingga pelabuhan itu bisa segera dibangun," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, kawasan pesisir pantai Tanjung Penagak telah melalui tahapan reklamasi oleh PT Jaya Annurya Karimun. Total luas lahan untuk pembangunan pelabuhan sekitar 15 hektare dari total 95 hektare yang akan dibangun dalam lima tahap. Kawasan pelabuhan lengkap dengan hotel, resor dan pusat perbelanjaan tersebut ditargetkan menjadi kota baru di Tanjung Balai Karimun.

 

Tag : pt pelindo i
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top