Mudik Lebaran 2018: Operator Seluler Siapkan Jaringan & Inovasi Layanan

Operator seluler menyiapkan jaringan dan berbagai inovasi layanan untuk kebutuhan masyarakat pada musim mudik dan Lebaran.
Agne Yasa | 14 Juni 2018 22:09 WIB
Karyawan melakukan pengecekan pada salah satu mobile BTS yang berada di jalan tol Merak dalam rangka kerja sama XL Axiata dan Kementerian Perhubungan untuk menyediakan informasi mudik dalam format digital di Banten, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler menyiapkan jaringan dan berbagai inovasi layanan untuk kebutuhan masyarakat pada musim mudik dan Lebaran.

Dikonfirmasi Bisnis, Kamis (14/6/2018), Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan pihaknya telah menyiagakan jaringan berkualitas untuk memfasilitasi perilaku pelanggan yang semakin aktif untuk berinteraksi di media sosial maupun menggunakan layanan digital lainnya saat Ramadan.

Secara khusus, Telkomsel telah membangun 12.000 BTS multiband LTE, menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas eksis menjadi 3.288 Gbps.

Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. Di mana 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

Adapun, seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2018.

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G.

Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung lebih dari 167.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 35.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat - Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lain, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Korlantas Polri untuk menyediakan informasi mudik dalam format digital.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan XL Axiata menyambut baik upaya pemerintah untuk mulai memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai barbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik ini oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami dengan senang hati akan membantu pemerintah dalam hal ini apalagi semakin meluas penggunaan sarana digital untuk mengakses informasi oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, pesan dalam format digital juga akan lebih efektif dan efisien," katanya.

Informasi seputar mudik tersebut antara lain meliputi informasi mengenai call center dan nomor telp darurat yang bisa dihubungi pemudik terkait kebutuhan mudik, daftar tarif jalan tol Jawa, daerah rawan kecelakaan, serta Posko Kesehatan dan rest area yang disediakan Kemenhub.

Selain itu, juga ada informasi mengenai persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik, seperti seputar kesehatan sebelum dan selama mudik, himbauan menyiapkan e-money atau uang elektronik, hingga informasi mengenai objek wisata di sepanjang jalur mudik.

Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik tersebut melalui sejumlah layanan digital yang tersedia antara lain melalui SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan.

Adapun informasi mudik juga bisa pelanggan akses melalui website www.sisternet.co.id yang menjadi saluran komunitas perempuan binaan program Sisternet XL Axiata.

Selain itu, juga bisa diakses melalui saluran MyXL, yang merupakan akses layanan digital XL Axiata bagi semua pelanggan. Pelanggan XL Axiata mulai bisa mendapatkan informasi seputar mudik ini antara H-10 hingga H+10 lebaran.

Tag : bts, operator seluler
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top