Menhub Yakin Mudik Kali Ini Lebih Baik daripada Tahun Lalu

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meyakini penanganan arus mudik tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
MG Noviarizal Fernandez | 13 Juni 2018 16:28 WIB
Pengendara mobil melintas di jalur contraflow ke arah Cikampek di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek KM 37, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/6/2018). PT Jasa Marga bersama kepolisian memberlakukan contraflow dari KM 35600 sampai KM 47 untuk mengurai kemacetan di jalan tol khususnya di sekitar rest area KM 39 karena banyak pemudik yang beristirahat. - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meyakini penanganan arus mudik tahun ini jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam telekonferensi pada Rabu (13/6/2018), Budi mengatakan berdasarkan pemantauan langsung di lapangan, mudik tahun ini masih lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dia mencontohkan waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Semarang hanya 8 jam atau ke Solo hanya 12 jam. “Waktu tempuh menjadi lebih singkat daripada tahun-tahun sebelumnya” ujar Menhub.

Budi Karya menambahkan untuk transportasi darat khususnya pengaturan di ruas jalan tol, Korlantas Mabes Polri dan PT Jasa Marga sudah melakukan upaya yang serius untuk mengurai beberapa titik kemacetan seperti melakukan contraflow hingga lima kali dalam sehari.

Selain itu, paparnya, Kepolisian juga memiliki diskresi untuk menggratiskan ruas jalan tol jika terjadi kemacetan sepanjang 5 km dan hal itu juga sudah dilakukan di ruas jalan tol di Jawa Tengah.

Budi menyarankan agar para pemudik dari Jakarta yang hendak melakukan perjalanan ke arah timur sebaiknya memilih jalur Pantura untuk menghindari kepadatan di ruas tol Cikampek yang masih terus diurai sepanjang hari ini.

Tag : kemenhub, Mudik Lebaran 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top