Anggota DPR Apresiasi Penanganan Arus Mudik 2018

Anggota Komisi V DPR Yoseph Umar Hadi mengapresiasi pengaturan arus mudik Idulfitri tahun ini.
MG Noviarizal Fernandez | 13 Juni 2018 16:21 WIB
Antrean kendaraan pemudik di ruas jalan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi V DPR Yoseph Umar Hadi mengapresiasi pengaturan arus mudik Idulfitri tahun ini.

Ditemui di Posko Pemantauan Arus Mudik Kementerian Perhubungan, Yoseph mengatakan meski terjadi kemacetan di beberapa titik seperti di ruas tol Cikampek, secara umum pengaturan arus mudik Idulfitri 2018 jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Saya yakin kelancaran arus mudik ini disebabkan mayoritas pemudik khususnya yang menggunakan jalur darat lebih memilih melalui jalan tol karena jalan tol sudah tersambung sampai ke Jawa Tengah dan Jawa Timur sehingga menjadi daya tarik tersendiri,” ujarnya pada Rabu (13/6/2018).

Oleh karena itu, dia mengusulkan agar Kementerian Perhubungan dan pihak Kepolisian agar memfokuskan perhatian ke jalan tol karena ruas jalan ini menjadi perhatian publik selama arus mudik Idulfitri 2018.

Yoseph mengaku telah melakukan pemantauan arus mudik di lapangan khususnya di jalan tol. Menurutnya, salah satu penyumbang terjadinya kemacetan karena menumpuknya kendaraan di rest area sehingga tidak sedikit kendaraan yang memilih untuk memarikirkan kendaraan di pintu rest area sehingga mengganggu arus lalu lintas di jalan tol.

“Selain itu, kalau ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan pasti akan timbulkan rentetan kendaraan lainnya yang juga berhenti di bahu jalan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi pihak Kepolisian yang menyiagakan petugas di ruas jalan tol. Para petugas itu, paparnya, langsung melakukan memberikan arahan kepada pemudik yang mengalami kendala sepanjang ruas tol.

Tag : arus mudik
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top