Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Agung Kembali Erupsi, Penerbangan Masih Aman

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan dampak erupsi Gunung Agung yang terjadi sekitar pukul 11.05 WITA tidak akan mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bali.
Gunung Agung /Istimewa
Gunung Agung /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan dampak erupsi Gunung Agung yang terjadi sekitar pukul 11.05 Wita tidak akan mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bali.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi tersebut tergolong Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA)Orange. Status ini artinya sebaran abu masih berada dibawah 1000 kaki, sehingga masih dalam tahap aman.

"Aktivitas Bandara I Gusti Ngurah Rai aman dan normal. Hujan abu hanya di sekitar Gunung Agung. Status tetap Siaga," kata Sutopo, Rabu (13/6/2018).

Mengutip keterangan resmi KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung diinformasikan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada 13 Juni 2018 pukul 11:05 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 12 detik.

Kendati demikian, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper