Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cikampek Tersendat, Simpang Jomin ke Jalur Pantura Karawang Padat

Arus lalu lintas di Simpang Jomin hingga jalur pantura wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sempat mengalami kemacetan menyusul padatnya kendaraan yang melintas pada H-2 Lebaran atau Rabu.
Simpang Jomin/Twitter-TMCPoldaMetro
Simpang Jomin/Twitter-TMCPoldaMetro

Bisnis.com, KARAWANG -- Arus lalu lintas di Simpang Jomin hingga jalur pantura wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sempat mengalami kemacetan menyusul padatnya kendaraan yang melintas pada H-2 Lebaran atau Rabu.

Pantauan pada Rabu (13/6) pagi hingga siang, arus lalu lintas Simpang Jomin ke jalur pantura tersendat akibat tingginya volume kendaraan dari dua arah, yakni dari jalan arteri Karawang dan dari Gerbang Tol Cikampek.

Kendaraan yang melintas dari dua arah menuju jalur pantura itu bertemu di satu titik yakni Simpang Jomin, sehingga kondisi arus lalu lintas tersendat.

Kemacetan dari jalan arteri Karawang-Cikampek, Simpang Jomin hingga ke jalur pantura diperkirakan mencapai lebih dari lima kilometer.

Arus lalu lintas baru lancar selepas wilayah Cikalong atau di perbatasan jalur Pantura Karawang-Subang.

Sementara itu, di jalan Tol Jakarta-Cikampek, petugas masih memberlakukan contra flow atau lawan arus menyusul masih tingginya volume kendaraan yang melintas pada H-2 Lebaran.

"Sejak Selasa (12/6) malam sampai sekarang (Rabu pukul 12.00 WIB), Kakorlantas Polri masih memberlakukan contra flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya.

Contra flow mulai dari kilometer 37 hingga kilometer 66 dilakukan untuk mengurai kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek.

Penyempitan jalan di kilometer 38 dari sebelumnya empat lajur menjadi tiga lajur itu menyebabkan penumpukan kendaraan. Karena itu dilakukan contra flow.

Selain memberlakukan contra flow, pihak kepolisian juga melakukan sistem buka tutup di sejumlah rest area maupun parking bay yang disediakan bagi para pemudik.

"Buka tutup kami lakukan disejumlah rest area dan parking bay. Selain itu kami terus melakukan patroli agar para pengendara tidak istirahat di bahu jalan," katanya.

Pemberlakuan contra flow dan buka-tutup menuju rest area tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan di jalan arteri, yakni dengan mengarahkan pemudik bersepeda motor ke jalur khusus sepeda motor, Lamaran-Cilamaya-Cikalong.

Sehingga pemudik bersepeda motor tidak melintasi simpang Jomin yang mulai padat pada Rabu pagi hingga siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper