Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelola Bandara Diimbau Sediakan Transportasi Darat yang Aman

Kementerian Perhubungan mengimbau pengelola bandara menyediakan sarana transportasi darat kepada penumpang penerbangan tambahan (extra flight) guna menjamin keselamatan.
Citilink di Bandara Kertajati/Istimewa
Citilink di Bandara Kertajati/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengimbau pengelola bandara menyediakan sarana transportasi darat kepada penumpang penerbangan tambahan guna menjamin keselamatan.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menyarankan pengelola bandara dapat melakukan improvisasi terutama dalam hal pelayanan kepada penumpang pada jam-jam kritis, misalnya pada tengah malam.

"Jika penumpang ingin melanjutkan perjalanan darat dengan angkutan umum, pengelola bandara harus menambah dan memeriksa angkutan umum, sehingga jumlahnya mencukupi dan keamanannya terjamin," kata Agus, Rabu (13/6/2018).

Dikatakan, pada malam hari merupakan waktu yang rawan untuk bepergian naik angkutan umum. Apalagi, biasanya pemudik membawa barang bawaan yang banyak.

Pengelola bandara, lanjutnya, harus bisa menyiapkan angkutan umum yang jumlahnya memadai dan terjamin keamanannya untuk penumpang extra flight. Untuk itu, pengelola bandarabisa bekerja sama dengan pemerintah daerah atau perusahaan angkutan umum setempat.

Di sisi lain, Agus juga meminta para penumpang extra flight untuk sabar dan sebisa mungkin menunggu waktu yang lebih baik untuk meneruskan perjalanan darat. Namun, sebaiknya penumpang bisa dijemput oleh sanak saudaranya karena itu lebih aman.

Operator bandara bisa melakukan improvisasi menyediakan atraksi atau layanan khusus agar penumpang betah di bandara selama menunggu jemputan dari sanak saudaranya.

"Tidak usah khawatir, bandara-bandara di Indonesia standarnya sudah bagus, tidak kalah dengan luar negeri. Kami selaku regulator penerbangan selalu mengauditnya sesuai aturan-aturan yang berlaku di dunia penerbangan nasional maupun internasional," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper