Kemenhub Lepas Pemudik via Kapal Laut, ke Mana Mereka Berlabuh?

Kementerian Perhubungan melepas peserta mudik gratis menggunakan moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (13/6/2018).
MG Noviarizal Fernandez | 13 Juni 2018 13:25 WIB
Ilustrasi: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kempat kanan) bersama Dirut PT Pelni Elvin Goentoro (kelima kanan) meninjau mudik sepeda motor dengan KM Dobonsolo, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (21/6/2017). Pemerintah bekerja sama dengan PT Pelni (Persero) memberangkatkan 971 sepeda motor dan 2.069 penumpang dengan KM Dobonsolo melalui program mudik gratis pengendara sepeda motor rute Jakarta-Semarang. - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan melepas peserta mudik gratis menggunakan moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (13/6/2018).

Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengatakan bahwa ada tiga kapal yang disiapkan oleh pemerintah untuk mengangkut para pemudik secara gratis.

“Tujuannya ke Semarang, Surabaya, dan Lampung berangkat dari Tanjung Priok hari ini,” ujarnya, Rabu (13/6/2018).

Secara umum, ada 1.130 bus yang disiapkan oleh pemerintah bagi para pemudik untuk melakukan perjalanan secara gratis ke 32 kota dengan perincian 25 kota di Jawa Tengah, 5 di Jawa Barat, 1 di Jawa Timur, serta 1 di Sumatra.

Sementara itu, untuk arus balik, kata Cucu, armada angkutan gratis tersebut akan diberangkatkan secara serentak pada 22 Juni 2018. Untuk angkutan bus, pemberangkatan dilakukan di empat kota yakni Surakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Purwokerto.

“Sementara kalau penyeberangan juga diberangkatkan pada 22 Juni 2018 dari Surabaya, Semarang, dan Lampung,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa kebijakan pemerintah menggalakkan angkutan mudik gratis bertujuan agar para pemudik tidak menggunakan moda kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor saat pulang ke kampung halaman.

Tag : kemenhub, mudik lebaran
Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top