BPJT Kaji Pembongkaran Gerbang Tol Cikarut

Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jasa Marga Tbk tengah mengkaji rencana pembongkaran Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.
Yanita Petriella | 13 Juni 2018 12:39 WIB
Gerbang Tol Cikarang Utama - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jasa Marga Tbk tengah mengkaji rencana pembongkaran Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna mengatakan salah satu opsi pembongkaran gerbang tol Cikarang Utama tersebut yakni memindahkan transaksi di Gerbang Tol Cikopo dan Gerbang Tol Sadang di Purwakarta.

"Ini masih dikaji pemindahannya tentu juga sistem tarifnya apakah nantinya jadi terbuka apa tetap tertutup. Juga masih dikaji apakah akan dipindahkan di Sadang dan di Cikopo atau bagaimana," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (13/6/2018).

Salah satu yang tengah dikaji yakni apakah nantinya membangun gerbang tol baru atau memanfaatkan teknologi di kedua titik tersebut.

"Kalau nanti itu diputuskan maka harus dibangun gerbang lagi. Mungkin solusinya kita ke teknologi barangkali itu lebih baik," ucapnya.

Herry menuturkan salah satu pertimbangan pemindahan gerbang tol Cikarang Utama yakni pembagunan ruas jalan tol layang Jakarta--Cikampek (Japek Elevated II) yang nantinya mengenai GT Cikarang Utama itu.

Selain itu, dengan dipindahkannya GT Cikarang Utama ke kedua titik lain kemudahan bertransaksi lebih terjamin dan kepadatan kendaraan dapat diurai.

"Dipisahkan sehingga penanganannya lebih terukur sehingga bisa kita ulangi dan bahkan kita kurang lancar harusnya seperti itu idealnya ke depan. Data kendaraan berapa yang mau ke arah Cirebon dan ke Sadang jadi lebih terukur," tutur Herry.

Tag : jalan tol
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top