Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Pastikan Distribusi Barang Logistik di Maluku Lancar

Kementerian Perhubungan memastikan distribusi barang kebutuhan dari Ambon ke beberapa daerah di Kabupaten Buru Selatan, Maluku berjalan lancar dan normal.
Ilustrasi/Antara-Aditya Pradana Putra
Ilustrasi/Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan memastikan distribusi barang kebutuhan dari Ambon ke beberapa daerah di Kabupaten Buru Selatan, Maluku berjalan lancar dan normal.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon Henry Tondang mengatakan telah menyiapkan dukungan terhadap distribusi barang kebutuhan atau logistik melalui program tol laut dan kapal perintis untuk wilayah Ambon dan sekitarnya.

"Armada tol laut sudah masuk ke Ambon dengan trayek T-7 melalui Namlea dan trayek T-15 melalui Namrole. Adapun, untuk armada perintis sudah ada 8 trayek Sabuk Nusantara di Ambon yaitu R 46, 47, 48, 49, 50, 51, 52 dan 53," ujar Henry dalam rilis, Selasa (12/6/2018).

Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap keberlangsungan logistik di Indonesia Wilayah Timur. Jika ada permasalahan terkait distribusi logistik tentunya pemerintah tidak tinggal diam agar memastikan jalur distribusi logistik tetap lancar.

Beberapa waktu lalu, lanjutnya, kapal perintis trayek R53 yang masuk ke Kecamatan Pulau Ambalau yaitu KM Manusela perlu masuk dok untuk perawatan rutin dan Ditjen Perhubungan Laut segera menyiapkan kapal cadangan yaitu KM. Kinei agar distribusi logistik tetap berjalan lancar.

Hal serupa juga terjadi beberapa waktu yang lalu, ketika kapal cepat swasta KM Elizabeth yang melayani wilayah Ambon rusak. KSOP Ambon segera mendapatkan kapal pengganti yaitu dua unit kapal cepat yaitu KM. Torpedo dan KM. Express bahari yang dioperasikan oleh pihak swasta, PT Dharma Indah agar pelayanan tidak terhenti.

Henry juga menyampaikan agar masyarakat dapat memanfaatkan kapal-kapal lain yang sudah disiapkan Pemerintah agar distribusi barang kebutuhan tetap berjalan lancar dan normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper