Menag Klaim Layanan Haji 2018 Sudah Siap

Kementerian Agama memastikan layanan buat jemaah Indonesia di Arab Saudi pada musim haji 1439 H atau tahun ini sudah siap.
Rio Sandy Pradana | 12 Juni 2018 17:02 WIB
Jemaah tengah berada di Mina, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji 2017 - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Agama memastikan layanan buat jemaah Indonesia di Arab Saudi pada musim haji 1439 H atau tahun ini sudah siap.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan hal tersebut usai melakukan pengecekan langsung sejumlah layanan haji, baik di Madinah maupun Makkah. Kunjungan tersebut dilakukan pada 11 Juni 2018.

“Secara keseluruhan, layanan akomodasi, transportasi, dan konsumsi sudah siap 90-95%,” kata Lukman dalam keterangan resmi, Selasa (12/6/2018).

Kekurangan persiapan, lanjutnya, hanya tinggal finalisasi kontrak beberapa hotel di Madinah dan penyelesaian kontrak katering. Mayoritas hotel yang disewa sesuai standar minimal, yaitu setara hotel bintang 3 dan 4.

Pihaknya bertolak ke Arab Saudi sejak Kamis (7/6/2018). Pihaknya langsung memimpin rapat bersama Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, tim penyedia layanan, serta Konjen RI di Jeddah dan tim Kantor Urusan Haji (KUH) guna membahas perkembangan kesiapan layanan haji tahun ini.

Setelah itu, Menag bertolak ke Madinah lalu ke Makkah untuk mengecek langsung kesiapan layanan untuk jemaah. Sesuai jadwal, Menag direncanakan kembali ke Tanah Air pada Rabu (13/6/2018).

Tag : Ibadah Haji
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top