MUDIK LEBARAN 2018: RNI Berangkatkan 1.000 Pemudik via Bus dan Kapal Laut

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI memberangkatkan seribu pemudik dengan bus dan kapal Laut ke lima kota di Pulau Jawa guna menekan pemudik yang menggunakan sepeda motor.
Rivki Maulana | 11 Juni 2018 16:15 WIB
Ribuan pemudik terlihat memadati anjungan kapal milik PT Pelni KM Gunung Dempo yang tiba di Pelabuhan Ambon, Maluku, Senin (11/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI memberangkatkan seribu pemudik dengan bus dan kapal Laut ke lima kota di Pulau Jawa guna menekan pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Direktur Pengendalian Usaha RNI Agung P Murdanoto mengatakan program mudik yang digelar perseroan ini merupakan bagian dari program Mudik Bareng BUMN yang diselenggarakan oleh 61 BUMN lainnya. RNI baru pertama kali menyelenggarakan mudik bareng tahun ini.

Agung menyebut animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam program mudik bareng cukup tinggi. Para pemudik yang diberangkatkan RNI bakal menempuh perjalanan ke Yogyakarta, Solo, Semarang, Madiun, dan Surabaya.

"Kami berharap tahun depan program ini dapat kembali terlaksana dengan jumlah peserta yang lebih banyak,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (11/6/2018).

Dalam acara pelepasan mudik yang digelar Senin, (11/6/2018), Direktur Utama RNI B Didik Prasetyo mengatakan program mudik bareng menjadi salah satu upaya untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memang tidak disarankan karena rawan kecelakaan. Tahun lalu, Kemenhub melansir 70% yang terjadi selama mudik lebaran melibatkan pengguna sepeda motor.

Corporate Communication RNI Fazar Bachtiar menambahkan, sebanyak seribu pemudik dilepas melalui tiga kelompok pemberangkatan. Kelompok pertama sebanyak 240 pemudik tujuan Solo, Madiun, dan Surabaya telah diberangkatkan pada 8 Juni 2018 dengan 6 armada bus eksekutif dari Kantor Pusat RNI di Jakarta.

Selanjutnya, pemberangkatan kedua berlangsung pda 9 Juni 2018, di pelabuhan Pontianak dan Kumai. Sebanyak 600 pemudik dilepas berlayar dengan kapal PELNI menuju Semarang dan Surabaya. Pemberangkatan terakhir melepas 160 pemudik ke Yogyakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya.

"Kami bagi kedalam tiga tahap agar dapat memfasilitasi waktu keberangkatan masyarakat yang relatif berbeda-beda,” ujar Fazar.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top