Ini Aplikasi Pilihan Untuk Perjalanan Mudik

Aplikasi mudik pada umumnya hanya berupa navigasi rute mudik yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa yang umum kita gunakan sehari-hari saat dalam perjalanan seperti Googlemap atau Waze.
Fajar Sidik | 11 Juni 2018 13:45 WIB
Aplikasi mudik NTMC

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada era digital ini, ada banyak aplikasi mudik yang menawarkan layanan informasi perjalanan bagi para pengguna smartphone. Pada pasar aplikasi Android alias PlayStore misalnya, aplikasi mudik pada umumnya hanya berupa navigasi rute mudik yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa yang umum kita gunakan sehari-hari saat dalam perjalanan seperti Googlemap atau Waze.

Akan tetapi, terdapat beberapa aplikasi yang memberikan informasi lebih terkait informasi seputar arus mudik, yang bukan hanya berupa peta jalur yang pada dasarnya setiap pemudik sudah pasti mengetahui jalan pulang ke kampung halamannya tanpa perlu dipandu lagi dengan peta. Adapun aplikasi yang menarik tersebut antara lain:

1. NTMC Mudik

Aplikasi mudik ini bisa dibilang wajib dipasang oleh setiap pemudik, karena ada banyak panduan pada aplikasi yang dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri ini. Aplikasi ini tergolong ringan yakni hanya sekitar 7,86 MB dan telah diperbarui pada 4 Juni 2018 sehingga berbagai informasinya bisa sesuai dengan kondisi terkini di sepanjang jalur mudik.

Pada aplikasi NTMC ini selain terdapat layanan utama berupa peta jalur mudik, Polri juga melengkapi data dan informasi penting yang akan dibutuhkan oleh pemudik saat di perjalanan seperti nomor telepon penting seperti telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi dan sebagainya.

Disediakan juga informasi penting seputar mudik seperti daerah-daerah rawan kemacetan, rawan kecelakaan dan rawan longsor termasuk titik-titik pasar tumpah yang berada di jalur utama mudik. Ada juga informasi rumah makan dan stasiun pengisian bahan bakar yang semuanya tersedia dalam satu aplikasi.

NTMC Mudik juga menyediakan informasi peta mudik secara detail untuk Pulau Jawa dan Pulau Sumatra hingga informasi jalan tol terbaru yang bisa dilalui oleh para pemudik seperti tol dari Merak-Brebes, lalu rute tol dari Brebes ke Semarang, tol dari Semarang-Surabaya dan Surabaya-Malang.

Informasi yang disajikan juga lengkan dengan statusnya baik sebagai tol yang sudah resmi beroperasi maupun jalan tol fungsional yang masih dalam tahap pembangunan namun dimanfaatkan untuk arus mudik 2018. Selain jalan tol, informasi jalan nasional juga cukup memberikan panduan bagi para pemudik.

2. Info Mudik 2018

Aplikasi ini merupakan layanan serupa dengan NTMC Mudik karena sumber datanya terhubung dengan jaringan NTMC Polri. Namun, pengembang menambahkan sejumlah fitur sebagai daya tarik bagi pengguna aplikasi seperti info mudik gratis, info harga tiket bus terbaru, info harga tiket kereta api terbaru, serta harga tiket pesawat dan kapal terbaru.

Untuk memberikan panduan terkini bagi pemudik, pengembang aplikasi ini merangkum berbagai informasi terbaru dari NTMC Polri dan Polda dengan menempel akun Twitter resmi sejumlah NTMC. Aplikasi ini sangat ringan hanya berukuran 2,59 MB dan telah diunduh 1.000 kali sejak dirilis pada 16 April 2018.   

3. Jalur Mudik BRI 2018

Sesuai dengan namanya, aplikasi mudik ini dikembangkan oleh salah satu bank BUMN yakni BRI dengan tujuan utama untuk memberikan navigasi bagi para nasabahnya tentang layanan perbankan yang bisa digunakan selama mudik. Selain peta jalur mudik, aplikasi ini juga memberikan informasi yang lebih bagi penggunanya seperti berita dan info terkini seputar lalu lintas sepanjang arus mudik, info seputar destinasi wisata mudik dan wisata kuliner, hingga jadwal salat.

Ada juga info CCTV mudik di sejumlah jalur utama mudik, kalkulator zakat hingga fitur permainan atau game. Akan tetapi, fitur game sepertinya kurang mendapatkan sambutan baik dari para penggunanya yang beberapa menuliskan kekecewaan pada kolom komentar aplikasi mudik ini. Aplikasi ini telah diunduh 50.000 kali dengan ukuran cukup besar yakni 10,31 MB dan telah diperbarui pada 7 Juni 2018.

4. Toyota Teman Mudik

Aplikasi yang berbasis pada pelanggan juga dikembangkan oleh Toyota sebagai teman mudik. Aplikasi ini juga mencoba memberikan layanan lebih bagi penggunanya yang tak hanya berupa navigasi perjalanan. Pada aplikasi ini disediakan empat fitur utama yakni berupa tip mudik seperti persiapan, doa-doa, jadwal salat imsak dan berbuka puasa, hingga tip persiapan mengemudi. 

Sebagai produsen otomotif, Toyota melengkapi aplikasinya dengan peta layanan mudik dan bengkel siaga 24 jam yang tersebar di berbagai daerah sepanjang jalur mudik. Ada juga fitur spesifik seperti kalkulator bengkel hingga aplikasi permainan ringan seperti tebak gambar, dan puzzle.

Sayangnya volume aplikasi ini tergolong jumbo mencapai 76,78 MB. Meski demikian, karena banyaknya pengguna kendaraan merek ini, aplikasi tersebut telah diunduh 10.000 kali dan telah diupdate pada 9 Juni 2018.

 

Tag : aplikasi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top