Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2018: Regulasi Tarif Kemenhub Efektif Batasi Harga Tiket

Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai regulasi Kementerian Perhubungan soal tarif batas atas efektif membatasi maskapai dalam menjual harga tiket saat periode Lebaran.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-- Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai regulasi Kementerian Perhubungan soal tarif batas atas efektif membatasi maskapai dalam menjual harga tiket saat periode Lebaran.

Regulasi tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.14/2016 tentang tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Sejauh ini harga tiket pesawat kelas ekonomi domestik masih dalam koridor batas bawah dan batas atas sepanjang tahun. Baik kondisi normal maupun kondisi puncak seperti saat mudik, liburan sekolah, libur panjang, maupun akhir tahun," kata Alvin, Minggu (10/6/2018).

Menurutnya regulasi tersebut sangat efektif karena sanksi yang dijatuhkan cukup berat, sehingga maskapai tidak berani melakukan pelanggaran. Selain itu, didukung kesadaran konsumen yang tidak segan melaporkan dan tingginya tingkat kompetisi antarmaskapai.

Kementerian Perhubungan melakukan tindakan pengawasan terhadap maskapai terkait dengan penjualan harga tiket selama periode Lebaran.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan sudah menyebar inspektur dari Direktorat Angkutan Udara dan Kantor Otoritas Bandar Udara di wilayahnya masing-masing di seluruh Indonesia. Selain itu, pengawasan juga dilakukan melalui agen tiket dan pengawasan secara daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper