Hari Koperasi Nasional: Saatnya Para Pelaku Koperasi Masuk Istana

Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 12 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi di Indonesia.
Agne Yasa | 09 Juni 2018 00:23 WIB
Penjaga stan melayani calon konsumen yang akan membeli tas pada Pameran Produk Unggulan UMKM, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/7/2017). - ANTARA/R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA -- Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 12 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi di Indonesia.

Neddy Rafinaldy, Sekretaris Jenderal Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mengatakan dalam perayaan Hari Koperasi Nasional tahun ini para pelaku koperasi akan masuk Istana dan bersilaturahmi langsung dengan Presiden.

Pada kesempatan itu direncanakan akan ada displai dan presentasi koperasi-koperasi besar Indonesia yang diharapkan bisa menjadi perhatian Presiden.

"Sudah saatnya untuk menunjukkan kekuatan koperasi di Indonesia sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang nyata," kata Deddy yang juga Sekretaris Panitia Hari Koperasi Nasional 2018 dalam keterangan resminya, Jumat (8/6/2018).

Dia mencontohkan sudah ada koperasi Indonesia yang mampu menembus jajaran koperasi besar dunia, ada pula koperasi yang memiliki aset triliunan rupiah dengan anggota ribuan yang tersebar, bahkan ada pula koperasi yang memiliki anak usaha yang sukses melantai di pasar bursa.

"Tema yang diusung pada Hari Koperasi Nasional ke-71 adalah Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional," katanya.

Pemilihan Istana sebagai tempat pelaksanaan acara puncak Harkopnas kata Neddy adalah untuk menunjukkan bahwa koperasi telah setara dengan badan usaha yang lain.

"Kita ingin tunjukkan bahwa bukan hanya BUMN atau perusahaan swasta besar saja yang bisa diterima di Istana tapi kita juga harus tunjukkan bahwa koperasi juga mampu," katanya.

Perihal kepastian lokasi Istana, Neddy menambahkan, sampai saat ini masih menunggu kepastian dari Kementerian Sekretariat Negara.

"Kemungkinan akan di Istana Kepresidenan Bogor yang bisa menampung banyak pelaku koperasi," katanya.

Acara puncak kata Neddy, akan dirangkai dengan Harkopnas Expo di ICE BSD Tangerang Banten, pasar rakyat, jalan sehat, bakti sosial, ziarah ke Makam Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia, dan renungan suci di Tugu Koperasi Tasikmalaya oleh Dekopin Wilayah Jawa Barat.

"Selain itu ada pula diskusi dan seminar koperasi nasional. Kemudian pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi serta penghargaan para tokoh yang dianggap berjasa membangun koperasi dan UKM," katanya.

Neddy berharap pelaksanaan Harkopnas tahun ini tidak sekadar seremoni namun semangatnya berlanjut khususnya bagi para pelaku koperasi. Diharapkan koperasi semakin mampu unjuk diri sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

Tag : koperasi
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top