Selama Ramadan, Pelanggan Telkomsel Makin Aktif di Media Sosial

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 9 Juni 2018 | 07:41 WIB
Ilustrasi media sosial/Reuters-Beawiharta
Ilustrasi media sosial/Reuters-Beawiharta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pelanggan Telkomsel semakin aktif menggunakan media sosial selama Ramadan dengan kenaikan penggunaan media sosial sebesar 24% dibandingkan kondisi normal.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan Ramadan justru membuat para pelanggan semakin aktif menggunakan media sosialnya. Tercatat, kini porsi penggunaan layanan media sosial sebesar 35,3%, diikuti video streaming dengan 31%.

Kemudian, sisanya merupakan penggunaan layanan pesan instan sebesar 12,8%, mesin peramban Google 7,3%, dan aplikasi permainan sebesar 2,4%.

"Penggunaan layanan data didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24% dibandingkan hari biasa," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (8/6/2018).

Sementara itu, bila dilihat dari aplikasinya, YouTube berkontribusi terhadap penggunaan layanan data paling besar dengan porsi 25,2%. Diikuti oleh Instagram dengan 18,6%, Facebook dengan 15,8%, WhatsApp 11,3% dan Google 7,3%.

Menurut Denny, konsumsi layanan data per pelanggan pun mengalami naik menjadi 134 MB per hari.

"Rata-rata pelanggan mengonsumsi 134 MB layanan data setiap harinya pada Ramadan atau meningkat sekitar 23% dibandingkan hari biasa," sebutnya.

Dengan tren ini, pihaknya menjamin keandalan jaringan melalui 12.000 Base Transceiver Station (BTS) multiband LTE baru yang beroperasi. Lalu, tambahan kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G eksisting dan pengoperasian 73 BTS bergerak.

Dari sisi kapasitas, perseroan menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas eksisting menjadi 3.288 Gbps. Dengan tambahan kapasitas dan pengoperasian BTS tambahan, para pelanggan yang mudik masih bisa menikmati akses internet cepat.

Setidaknya, 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS. Dari jumlah itu, sebanyak 666 BTS di antaranya adalah BTS 4G.

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah sebelumnya mengklaim upaya tersebut akan memastikan tak ada hambatan layanan data yang terjadi.

"Kami harapkan sinyalnya tidak akan putus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper