Triasmitra Awasi Kabel Optik dari NOC Jakarta Timur

Duwi Setiya Ariyanti
Minggu, 3 Juni 2018 | 16:10 WIB
Gulungan kabel di sebuah pabrik kabel. / Bisnis -swi
Gulungan kabel di sebuah pabrik kabel. / Bisnis -swi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Triasmitra Group melalui anak usahanya PT Ketrosden Triasmitra mengoperasikan fasilitas baru berupa pusat pemantauan jaringan atau network operation center (NOC).

CEO Kestroden Triasmitra Titus Dondi Patria A mengatakan NOC yang berlokasi di Jakarta Timur itu akan membantu perusahaan mengelola operasi dan memelihara sistem komunikasi kabel laut (SKKL) serta kabel optik darat. Saat ini, pihaknya telah membangun 8.000 km SKKL dan kabel optik darat. 

Melalui NOC tersebut, pihaknya membuka peluang lini bisnis baru yakni pemantauan dan patroli pengamanan kabel. Pasalnya, ketika lalu lintas darat dan laut begitu padat sehingga berisiko terhadap operasi kabel optik.

Sebagai contoh, dia menyebut kerusakan kabel di laut kerap kali disebabkan operasi kapal yaitu karena terkena jangkar di perairan dangkal, gangguan alam, dan pencurian. 

Berdasarkan masalah itu, dia menyebut pelayanan pemantauan infrastruktur akan terus bertumbuh bahkan akan menyaingi bisnis pembangunan kabel. Saat ini, bisnis pemantauan kabel menyumbang pendapatan sebesar 25% sementara 70% masih disokong bisnis pembangunan kabel. 

"Saat ini 70% masih dari bisnis developer-developer itu kami membangun kabel dan kami menjualnya dalam bentuk core kepada pelanggan. Terus kami punya 25% dari manage service ini, yaitu memelihara, mengawal, menjaga kabel-kabel yang dipercayakan kepada kita," ujarnya usai acara peluncuran di Jakarta, Rabu (30/5/2018). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper